Keluarga

Tuhan Adalah Tukang Kehidupan Yang Ajaib


Tuhan adalah tukang yang ajaib – Puisi

Tik-tok-tuk …
Tik-tok-tuk….
Tik-tok-tuk….
Tukang-tukang bekerja,
Memperbaiki rumah,
Membangun rumah,
Menata ulang rumah,
Memperindah rumah.

Tuhan Tukang ku suka,
Walau kadang ku sakit,
Kerap ku terhempas,
Meski ku meratap,
Kendati hati merintih.

Kau pakukan hidupku,
Bersandar terus pada-Mu,
Berharap selalu dalam-Mu,
Sampai selama-lamanya.

Kau haluskan hatiku,
Dari kata-kata kasar,
Dari periaku keras,
Sikap mulus seperti kaca

Kau rajut hari-hariku,
Dengan sesama manusia,
Ikatkan tali kasih-Mu,
Merangkai kebersamaan.

Kau pasang pondasi,
Firmanlah dasarnya,
Kau tegakkan tiang,
Pengalaman kekuatannya.

Tetapkan tembok kuat,
Bertahan dari lawan,
Pasangkan atap kencang,
Tegar tapi santun lewati cobaan.

Gergaji semua dendam,
Kapaki setiap angkuh,
Pahati segenap gengsi,
Waterpas jiwa curang.

Kau plaster hidupku,
Dari berbagai rasa malu,
Kau sirami air semen,
Agar bertahan dari hina,
Kau pasangi keramik,
Bisa senyum dalam fitnah.

Ukirlah hidupku,
Yang penuh keburukan,
Cetaklah kelebihan,
Di tengah kekurangan,
Hiaslah hatiku,
Kala orang lain abai.

Itulah Tuhan Yesus,
Tukang kayu yang ajaib,
Dia juga hebat dahsyat,
Tukangi hati ku & kau.

Mari berserah pada-Nya,
Puji-pujilah nama-Nya,
Hanya dialah satu-satunya,
Tukang yang penuh cinta.

Tuhan Adalah Tukang Kehidupan Yang Ajaib

Tukang di dunia wajar salah tetapi Tuhan tidak pernah gagal, asal kita berserah

Tukang di dunia ini bisa saja khilaf, dapat menipu untuk mengambil untung dan ada yang serakah agar uangnya semakin banyak: mereka hanyalah manusia biasa. Tetapi Tuhan Yesus Tukang yang sangat baik. Pekerjaan-Nya jelas nyata, bukankah semua itu telah dinyatakan lewat firman? Ia memilih dan menempatkan kita sebagai anggota-anggota gereja. Menjalani fungsi yang berbeda-beda walau semuanya setara. Dia tahu setiap hati dan segenap tujuan hidupmu. Mau membantu kita mencapainya di dalam kebenaran. Sehingga hidup ini diarahkan tuk kemuliaan-Nya. Sebab nafas kebenaranlah yang memberi kita hidup. Bahkan semua yang ada di alam semesta bersumber dari nafas-Nya yang memberi mereka beraktivitas.

Sangat ahli menukangi hati: dari dan di sanalah Dia beroperasi – Pasrahlah kawan….

Yesus menukangi setiap dasar hati ini. Diamplas-Nya agar semakin halus. Dikikisnya dari berbagai kekasaran perbuatan daging. Asal kita menujukan hati selalu dalam Tuhan. Tapi harus disadari tidak ada yang main cepat. Semuanya butuh waktu jalani proses-proses kehidupan. Teruslah berdoa terhubung kepada-Nya. Pahami setiap kehendak-Nya dengan mempelajari firman. Bernyanyilah menyatakan kesaksian bahwa kita telah ditolongnya. Jangan pernah tinggalkan kebiasaan ini. Lakukanlah kawan dengan segenap hati ini. Bahkan kita pun bisa mengaktifkannya dalam berbagai rutinitas biasa. Jalanilah secara multitasking sembari beraktivitas memuji-muji Tuhan di dalam hati.

Seorang Direktur Humas yang membuat hubungan dengan sesama makin erat

Dialah tukang yang pandai merajut tali-tali jiwa antar manusia. Dibuat-Nya hubungan kita selalu langgeng walau kadang bergejolak. Diikatnya semua orang lewat nafas kebenaran agar setiap orang bisa merasakan simpati dan belas kasihan. Dengan gergaji keikhlasan dihapuskan-Nya dendam di dalam hati ini. Kapak kerendahan hati ditebasnya setiap benjolan kesombongan yang tidak rata (setara). Dipahat-Nya setiap gengsi agar kita bisa saling berbagi kebaikan. Marilah kawan mulai berbagi kasih dengan sesama. Mulailah semuanya itu dari dalam keluarga masing-masing. Layani yang lain lewat kebaikan kecil dahulu, seperti ramah tamah: senyum, sapa, salam, ucapkan terimakasih, tolong, maaf dan menjadi pendengar yang baik. Lakukanlah semua itu jangan mengharapkan balasan dari manusia. Tujukankan kepada Tuhan berharap upahmu di surga: “hari Tuhan sudah dekat….”

Seorang Psikiater Individu & Sosial, Dia ada di hatimu!

Tuhan Yesus juga ahli pertukangan masalah sosial. Bawalah soal-soalmu hanya kehadapannya. Di balik semuanya itu janganlah fokus terhadap persoalanmu tetapi tujukan hatimu hanya kepada Tuhan dalam doa, firman dan nyanyian pujian. Serta lewat pekerjaan dan pelajaran yang digeluti sambil menebar kasih kepada sesama. Segala ejekan tanggapi dengan santai dan bebaskan hati dari rasa dendam dengan langsung memaafkan. Semua jenis penghinaan hadapi dengan tenang hati, terimalah semua itu apa adanya dan tetap santun. Setiap umpatan fitnah tanggapi dengan senyuman lalu kuatkan hatimu sembil bersorak-sorak di dalam Tuhan. Sebab setiap pergumulan hidup ada manfaatnya meningkatkan kecerdasan dan kedewasaan.

Bukan materi & kemuliaan; melainkan Yang Maha Kuasa yang membuat hidup kita indah

Yesus Kristus seorang pengukir profesional. Dibentuknya hidup kita yang sama sekali tidak berarti jauh lebih indah. Dilatih-Nya setiap hari untuk mengasah potensi di tengah keterbatasan kita. Diarahkan-Nya untuk tetap ceria sekalipun orang-orang mulai acuh tak acuh. Itulah kekuatan Tuhan menghibur hati yang kadang penuh dengan kesedihan. Dipacunya pikiranmu agar menghasilkan hormon kepuasan, kedamaian, kebahagiaan dan ketenteraman. Sungguh luar biasa Tuhan Yesus di dalam hidup kita kawan. Asal saja kita mau mengarahkan fokus pikiran hanyalah kepada Allah Semesta Alam karna Dialah sumber segala sesuatu yang baik. Berdoalah dalam nama Yesus, puji-pujilah Tuhanmu dan bacalah firman-Nya: niscaya hati inikan dipenuhi sukacita dan ketenangan yang tak bisa direbut orang lain bahkan oleh kekuatan terhebat dunia.

Allah sangat paham pertukangan kehidupan: arahkan hidup pada kebenaran hakiki

Para tukang duniawi ahli membuat bangunan indah. Kayu-kayu berserakan, penggalian dimana-mana, abu semen terbang-terbangan, kerikil sana-sini dan pasir jadi tempat beol anjing. Tetapi semuanya itu diubah jadi sesuatu yang bermanfaat bagi kehidupan tiap-tiap keluarga. Terlebih lagi pekerjaan Raja segala raja sebagai tukang kehidupan yang ajaib. Memang rasanya karap tidak enak bisa membuat hidup galau dan kepala pusing. Masing-masing diayak, dicampur, diketok, ditebas, diubah, ditata dan dijadikan sesuai kehendak-Nya. Pembaharuan hidup dari Allah dimulai dari hati lalu sikap ini pun diarahkan tuk kemuliaan-Nya. Oleh sebab itu kawan, jangan pernah berhenti fokus kepada Tuhan dalam doa, firman dan nyanyian pujian. Serta arahkan hidup untuk berbuat baik kepada sesama serupa seperti diri sendiri dalam setiap pekerjaan dan pelajaran yang digeluti.

Salam,
Pasrahkan hidup pada tukang yang benar,
Berdoa panjatkan harapan pada-Nya,
Belajar pahami setiap firman-Nya,
Bernyanyi untuk memuji-muji-Nya,
Kasihi sesama demi nama-Nya,
Itu visi kita selama hidup di dunia
!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.