Buah Ajaib

Pengertian & Contoh Penyakit Metabolik – Gangguan Metabolisme Yang Merambat Ke Sel Dan Jaringan Hingga Organ


Pengertian & Contoh Penyakit Metabolisme

Teka teki – Kami baik saat dijatuhkan satu muk tetapi menjadi bandit saat dijatuhkan satu periuk, kami bermanfaat tetapi membelot sehingga menimbulkan kerusakan di dalam saluran lembayung senja, siapakah kami?

Perjalanan hidup selalu dimulai dari nol. Bukannya Allah pelit membagikan ilmu yang langsung berpapasan dengan teknologi tinggi sekaligus membawa solusi bagi kehidupan umat manusia. Yang Dia kehendaki adalah agar kita belajar sendiri dari apa yang bisa diindrakan (diamati) dan dialami (pengalaman) sendiri. Sebab hidup yang memiliki sejarah awal lebih baik agar kita bisa menelusuri dimana sisi-sisi kelemahannya sehingga dimampukan untuk menyusun masa depan yang lebih baik. Allah mengehendaki agar sebagian besar terdokumentasi sehingga generasi sekarang bisa belajar dari masa lalu. Sedang generasi di masa depan dapat meningkatkan berbagai hal yang dianggap penting berdasarkan informasi dari masa kini untuk kebaikan mereka dan keturunan umat manusia  selanjutnya.

Segala sesuatu yang kita butuhkan di dunia ini telah disediakan Tuhan, jauh sebelum kita diciptakan. Setiap detail dalam hidup telah direncanakan dengan sematang-matangnya sehingga setiap manusia tidak kekurangan tetapi tidak juga kelebihan. Sayang, ada-ada saja orang yang menjalani kehidupannya di dalam aktivitas yang tidak terukur sehingga kebablasan. Terlebih lagi ketika kepemilikan sumber daya sangat luar biasa di tangan sehingga intensitas konsumsi besar. Bila kebiasaan konsumtif ini terus saja terjadi, besar kemungkinan apa yang kita gunakan tidak lagi mendatangkan manfaat positif melainkan justru akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Kita memang selalu hidup mengkonsumsi sesuatu karena masih seorang manusia biasa. Membeli ini-itu sama sekali hanya untuk senang sesaat, hawa nafsu kurang mampu dibatas-batasi sehingga cenderung melakukannya secara berlebih-lebihan. Ada baiknya jika kita mulai meluruskan persepsi terhadap materi bahwa sesuatu yang di makan secara serampangan terus-menerus justru beresiko menyebabkan dampak buruk. Khasiat yang sangat baik tiba-tiba saja bisa bertransformasi mendatangkan keburukan karena telah ketergantungan. Sikap yang kecanduan ini mendatangkan efek berlipat dalam kehidupan sehingga kita enggan melepaskannya. Bahkan besar kecenderungan untuk membeli sesuatu yang lebih baik dari itu.

Makanan yang dikonsumsi terlalu sering bisa saja menimbulkan efek candu. Saat kita sudah ketergantungan terhadap sesuatu besar kemungkinan sulit untuk ditinggalkan. Bahkan ada niatan untuk menambah porsi konsumsi sehingga jatuh dalam posisi jemu yang kurang mengenakkan. Mereka yang sudah jenuh dengan sesuatu pastilah akan merasakan perambatan kejemuan hingga muncullah argumen tentang bosan hidup. Seolah segala sesuatu sudah tidak ada artinya lagi, sehingga muncullah dorongan yang membuat hati kehilangan kebahagiaan. Pada tahapan ini, bisa kita cermati bahwa saat materi berubah membosankan, hidup pun menjadi tidak berarti lagi. Oleh karena itu, kendalikan konsumsi dengan cara fluktuatif terhadap sesuatu agar cita rasanya tetap terjaga dari waktu ke waktu.

Pengertian

Penyakit metabolik adalah makanan yang berubah menjadi racun akibat konsumsi yang berlebihan. Masalah kesehatan yang melibatkan kegagalan metabolisme tubuh bisa juga disebabkan oleh faktor bawaan sejak lahir alias faktor keturunan. Semuanya tergantung dari jumlah dan jenis makanan yang dikonsumsi. Memperhatikan jumlah sama saja dengan menyesuaikan porsi makanan dengan banyaknya aktivitas yang dilakukan (terutama aktivitas yang menyebabkan keluarya keringat). Semakin sedikit kegiatan berat yang dilakukan, makin sedikit pula porsi makanan. Sedang berbicara tentang jenis selalu berkaitan dengan ragam makanan yang dilahap, tidak hanya karbohidrat (nasi, umbi), protein (ikan, daging) melainkan juga termasuk mineral (sayuran) dan vitamin (buah-buahan).

Penyakit ini bisa diderita oleh siapa saja, terutama mereka yang sudah memiliki pekerjaan dan penghasilan sendiri. Mengapa kami yakin bahwa penyakit metabolik lebih banyak dialami oleh para pekerja? Sebab pendanaan yang cukup menjanjikan membuat mereka liar mengkonsumsi ini-itu sehingga kurang tahu batas. Sedang di sisi lain, gangguan kesehatan semacam ini juga bisa dialami oleh para orang tua (lansia) akibat aktivitasnya yang sangat minim. Ditambah lagi dana pensiun yang cukup tinggi dan anak-anak yang memanjakan semakin meningkatkan kemungkinannya mengidap kegagalan mesin tubuh sendiri (turun mesin).

Defenisi – Penyakit metabolik merupakan transformasi makanan yang berubah menjadi pengganggu (racun) sehingga mengganggu proses metabolisme di dalam sel dan jaringan hingga organ juga turut mengalami disfungsi.

Contoh penyakit kegagalan sistem

Pada dasarnya semua penyakit yang dialami oleh manusia berhubungan erat dengan kegagalan sistem. Mikroorganisme bisa saja melemahkan tubuh dari tingkat sel, mempengaruhi jaringan hingga membuat organ/ sistem organ tertentu tidak berjalan sesuai dengan semestinya. Di sisi lain, kegagalan sistem yang ditimbulkan oleh kelainan metabolik disebabkan oleh ketidakmampuan mesin tubuh untuk menjalankan proses pencernaan dengan semestinya. Pusat gangguan sistem pencernaan ini biasanya terjadi di dalam darah yang ditandai dengan gangguan konsentrasi dan komposisi. Lewat media darah jugalah penyakit ini akan dapat dideteksi sedini mungkin di instalasi kesehatan (rumah sakit, klinik/ laboratorium kesehatan) setempat. Berikut akan kami tampilkan beberapa macam contoh penyakit yang disebabkan oleh gangguan metabolisme tubuh, demikian selengkapnya.

  1. Diabetas penyakit.

    Diabetes merupakan penyakit yang disebabkan oleh karena ketidakmampuan tubuh untuk mengubah karbohidrat terlarut dalam darah menjadi glukosa yang siap diserap dan digunakan oleh sel-sel tubuh. Keadaan ini bisa disebabkan oleh karena jumlah konsumsi makanan berkarbohidrat terlalu berlebihan sehingga tidak dapat ditransformasi seutuhnya (seluruhnya) oleh insulin yang tersedia. Di sisi lain, keadaan ini dapat bersifat kongenital dimana jumlah insulin yang diproduksi oleh pankreas tidak memadai (kurang) sehingga terlalu banyak glukosa yang bebas di dalam darah (diabetes melitus).

  2. Kolesterol tinggi (hiperlipidemia).

    Kelainan metabolisme lemak darah yang ditandai dengan meningginya kadar kolesterol dalam darah. Sama seperti diabetes, penyakit ini juga disebabkan oleh dua faktor, yaitu akibat konsumsi lemak yang berlebihan (biasanya disertai oleh obesitas). Di sisi lain, penyakit ini juga diakibatkan oleh gangguan enzim pencernaan yang diproduksi dalam jumlah menurun (lebih rendah dari yang seharusnya dibutuhkan).

  3. Asam urat – nyeri sendiri.

    Semua makanan biasanya menghasilkan asam urat, gangguan metabolisme semacam ini bisa saja dipicu oleh karena konsumsi berlebihan terhadap makanan tertentu. Di lain sisi, kemampuan tubuh untuk mencerna dan mengeluarkan asam urat bisa saja menurun akibat kekurangan enzim atau hormon tertentu. Tetapi kebanyakan dari yang kami ketahui bahwa keadaan ini ditimbulkan oleh penjepitan urat yang berlebihan, misalnya kebiasaan duduk terlalu lama. Gangguan kesehatan ini biasanya diiringi dengan rasa nyeri yang nyata pada sendi-sendi yang dimiliki. Saksikan juga, Faktor Penyebab nyeri sendi.

  4. Darah tinggi (hipertensi).

    Darah tinggi pada dasarnya disebabkan oleh saturasi darah yang terlalu kental. Biasanya dipengaruhi oleh karena tingginya konsumsi makanan yang mengandung zat gizi karbohidrat, kolesterol dan asam urat. Pada dasarnya, masing-masing bahan konsumsi memiliki kadar zat gizi yang bisa ditoleransi oleh tubuh. Akan tetapi, saat libido lidah meninggi dan tak tertahankan lagi, tubuh tidak dapat menahan beban stres akibat jumlah makanan yang dimasukkan ke dalam perut. Zat gizi yang melimpah di dalam organ pencernaan kemudian langsung dikirimkan ke dalam darah sehingga membuat masa jenisnya meningkat. Mengentalnya darah membuat tekanan yang dibutuhkan lebih tinggi untuk mengalirkannya ke seluruh tubuh. Inilah yang dimaksud dengan hipertensi.

  5. Obesitas (kegemukan).

    Kemakmuran yang berlebihan membuat berat badan juga turut melebihi manusia normal. Seandainya kita seorang Pesomo (olahraga – Jepang), bobot sebesar itu pasti ada gunanya. Akan tetapi, obesitas yang liar tidak membawa pengaruh baik melainkan semakin meningkatkan gangguan kesehatan. Berat yang berlebihan akan membuat diri sendiri repot sedang kita menjadi sukarelawan abadi yang memperkaya para petugas kesehatan. Oleh karena itu, normalkan berat badan dengan cara rutin melakukan puasa.

  6. Arterosklerosis (nyeri jantung).

    Pembuluh yang menyuplai zat gizi untuk jantung mengalami penebalan oleh karena tingginya zat gizi bebas di dalam darah. Keadaan ini akan akan semakin memburuk sehingga kerap kali menyebabkan nyeri di bagian dada. Tingginya konsumsi makanan buatan pabrikan (roti & kue) turut pula meningkatkan pesona menyakitkan dari nyeri dada. Oleh karena itu, konsumsilah air garam manis yang sehat dan mulai kurangi kebiasaan mengkonsumsi produk yang mengandung karbohidrat dan lemak tinggi. Cara terbaik untuk menghilangkan nyeri jantung adalah berolahraga, mengurangi konsumsi makanan (karbohidrat), mempertahankan asupan garam yang sehat (9 gram/ dua sendok teh per hari), mengkonsumsi herbal ajaib, buah dan sayuran.

  7. Gagal ginjal.

    Penyakit gagal ginjal biasanya disebabkan oleh karena beratnya kerja ginjal karena tekanan makanan yang berlebihan dari sistem pencernaan. Memang fungsi organ yang satu ini tidak langsung rusak dalam hitungan hari melainkan butuh waktu berbulan sampai bertahun-tahun. Sebab sekalipun kesehatannya hanya mencakup 50% saja, fungsinya masih terkesan normal. Gagal ginjal bisa jadi sebagai sebuah gejala komplikasi dimana pasien awalnya menderita diabetes, hiperglikemia, asam urat, darah tinggi dan penyakit metabolik lainnya.

  8. Ejakulasi dini (impoten).

    Zat gizi bebas yang menghujani pembuluh darah secara berangsur-angsur akan melengket pada dinding pembuluh yang menuju ke organ vital. Penebalan pembuluh darah akan mendorong terjadinya penyumbatan pada saluran arteri yang menuju mr p sehingga terjadi gangguan ereksi. Jika biasanya, organ tersebut menyahut di pagi hari atau tegang saat menyaksikan hal-hal tertentu, ini tidak akan terjadi lagi kalau penyakit impoten sudah meradang.

  9. Kematian mendadak.

    Mereka yang mengalami kegagalan organ bisa saja lewat secara tiba-tiba. Mungkin lagi beraktivitas seperti biasa, santai, tidur, berjalan dan lain sebagainya. Biasanya kematian ini lebih disebabkan oleh derajat kesakitan yang telah mengalami komplikasi. Artinya, tidak hanya satu jenis saja gangguan yang dialaminya melainkan sangat kompleks. Sebab segala sesuatu di dalam tubuh kita adalah terhubung satu-sama lain dimana pembuluh darah adalah saluran lembayung utama yang menghubungkan semuanya sistem di dalam tubuh. Saat saluran tersebut mengalami gangguan komposisi niscaya akan merambat pula pada disfungsi organ yang jika tidak disikapi serius (memeriksakan diri ke dokter) akan menyebabkan kematian mendadak.

  10. Dan lain sebagainya silahkan cari sendiri.

Gangguan Metabolik Yang Merambat Ke Sel Dan Jaringan Hingga Organ

Kita terkadang menjadikan makanan sebagai pelarian sehingga melahapnya dalam jumlah yang tidak lagi terukur. Hanya mementingkan rasanya yang gurih dan sedap sedang mengabaikan variasi untuk menjaga keseimbangan zat gizi di dalam tubuh. Keadaan ini akan semakin diperparah oleh karena minimnya aktivitas yang dilakukan karena dimanjakan oleh teknologi yang serba mewah. Semua faktor tersebut akan bersama-sama memicu kegagalan sistem dalam mencerna makanan akibat depresi yang berlebihan. Akan terjadi gangguan keseimbangan sehingga makanan yang awalnya bermanfaat justru menjadi racun sehingga mengganggu fungsi berbagai macam organ. Penyakit ini akan terpusat dan menyebar dimulai dari dalam darah manusia. Jika jaringan ini terus-menerus dipenuhi oleh zat gizi bebas yang menyebabkan pengentalan darah, bisa membahayakan fungsi organ lainnya. Misalnya saja jantung, ginjal, alat vital dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, batasi asupan makanan, konsumsi panganan yang bervariasi, jaga asupan garam, herbal ajaib (bawang putih, bawang merah, jahe), sayur dan buah-buahan serta tetaplah beraktivitas (olahraga, bekerja sambil berdiri, dan lainnya) dari waktu ke waktu. Saksikanlah, Raja semua obat yang harus anda tahu.

Salam, Tubuh yang sehat,
Mampu mengabaikan yang lezat,
Mengutamakan konsumsi yang cermat
!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.