Kepribadian

7 Alasan Herbivora Panjang Umur Dari Predator (Karnivora), Mengapa Pemakan Daging Berumur Pendek Dibandingkan Pemakan Tumbuhan?

Alasan Herbivora Panjang Umur Dari Predator (Karnivora), Mengapa Pemakan Daging Berumur Pendek Dibandingkan Pemakan Tumbuhan

Ambil informasi sebanyak-banyaknya dari alam sekitar tempatmu tinggal!

Alam semesta adalah sumber ilmu pengetahuan dalam setiap sisi kehidupan yang dijalani. Setiap informasi yang dapat kita serap dari lingkungan sekitar bahkan dari seluruh jagad raya dapat membantu menyelesaikan masalah yang kita jalani. Memang tidak semua hal tersebut menunjukkan tanda-tanda yang benar-benar sesuai 100% tetapi setidaknya mampu memberikan gambaran bagaimana seharusnya sikap saat merespon sesuatu. Kekuatan informasi yang diberikan oleh lingkungan memang harus dikaji lagi secara berulang-ulang agar kita mampunyai perbandingan yang lebih signifikan. Pada hakekatnya semua hal tersebut akan memberikan kepada kita penjelasan dalam mengantisipasi berbagai fenomena agar diperoleh kerugian yang paling minimal.

Bersahabat dengan alam agar dapat belajar banyak

Banyak kisah-kisah menarik yang diberitahukan alam kepada kita. Tentu saja hal ini hanya dapat terwujud saat kita mampu bersahabat dengan mereka. Tanpa menjadi sahabat dengan binatang dan tumbuhan, kita cenderung melakukan penindasan. Memang manusia diperbolehkan untuk membunuh dan memanfaatkan makhluk hidup lainnya tetapi kiranya semua itu dilakukan tanpa arogansi dan keserakahan melainkan karena benar-benar butuh. Harap diingat lagi perbedaan antara butuh dan ingin. Sebab segala sesuatu yang kita inginkan bisa saja melampaui batas-batas kebutuhan yang sering disebut sebagai imajinasi (khayalan). Oleh karena itu, pakailah lingkungan sekitar sebaik-baiknya untuk memenuhi apa yang kita butuhkan dari waktu ke waktu.

Membandingkan pola perilaku beberapa makhluk hidup untuk diekstrak menjadi ilmu pengetahuan

Salah satu aktivitas yang sangat baik untuk dibandingkan satu sama lain adalah kebiasaan hewan yang hidup di sekitar kita. Ada pola-pola tertentu yang dilakukan oleh mereka saat menjalani hari yang serupa walau tak sama. Di antara banyak hal yang mereka lakukan, beberapa mencirikan kebiasaan yang berbeda satu sama lain. Yang kami bahas di sini bukanlah perilaku yang mendetail tetapi hanya hal-hal umum seputar binatang sebab kami sendiri pun hanya menelaahnya secara kasar. Hubungan yang hendak kita amati dalam posisi ini adalah perilaku konsumsi dengan umur. Sedang percontohan yang hendak kami ambil adalah secara umum saja yaitu antara predator dengan mangsanya di alam sekitar.

Sekilas alasan mengapa hewan herbivora lebih panjang umur dari karnivora

Perhatikan makhluk hidup lain di bumi ini. Kebanyakan mereka “kunyah sedikit lalu telan!” bahkan beberapa diantaranya tidak mengunyah hanya mencabik lalu ditelan. Misalnya saja kucing, anjing, harimau, jaguar, hiu, paus dan lain sebagainya. Memang beberapa dari hewan-hewan tersebut tidak memiliki gigi geraham melainkan hanya memiliki pisau potong saja yang mencabik-cabik (gigi taring). Rata-rata hewan laut tidak memiliki gigi pengunyah (gigi geraham) sehingga mereka tidak perlu melakukannya melainkan, “cabik-cabik langsung telan!” Hewan air tawar juga rata-rata demikian, mengapa hal ini bisa terjadi? Sebab hewan air tidak memiliki kelenjar ludah untuk membasahi makanannya, airlah yang membuatnya basah, lembut dan dapat langsung  ditelan. Sedang hewan darat termasuk mamalia sebagian besar memiliki gigi geraham yang difungsikan untuk melakukan kunyahan.

Untuk beberapa kelas binatang yang berperan sebagai pemburu, yang tidak memiliki geraham, mereka akan membunuh dan malahap mangsanya sekaligus. Makhluk yang menelan bulat-bulat ini adalah ular dan segala jenisnya. Predator (karnivora) biasanya kurang melakukan kunyahan, itu jugalah yang membuat umur mereka lebih pendek di alam rimba. Akan tetapi, pihak yang banyak menjadi mangsa (herbivora) memiliki banyak bentuk gigi berkepala palu (geraham) sehingga selalu rajin melakukannya. Bahkan beberapa di antaranya memamah biak, menyimpan sesaat dalam kantong tubuh lalu mengeluarkannya kembali ke mulut untuk dikunyah ketika sedang beristirahat. Kebiasaan ini jugalah yang membuat hewan herbivora lebih panjang umurnya dibandingkan karnivora.

Faktor penyebab herbivora panjang umur dari karnivora

Berikut ini akan kami tampilkan umur beberapa hewan yang dibedakan dari jenis makanannya.  Untuk karnivora, kami ambil dari masa hidupnya di alam bebas sedang beberapa hewan herbivora hidup bersama manusia sebagai binatang peliharaan.

No.

Karnivora – Predator

Herbivora – Mangsa

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10.

Ular (Acrochordus arafurae), 9 tahun

Jaguar 12 – 15 tahun

Macan tutul, 12 – 17 tahun

Puma, 8 – 13 tahun

Singa, 10 – 14 tahun

Harimau, 12 tahun

Hiena dubuk, 12 tahun

Serigala abu-abu, 6 – 8 tahun

Buaya muara, 70 tahun

Babi, 8 tahun

Kancil, 14 tahun

Kambing, 15 – 18 tahun

Sapi, 18 – 22 tahun

Kerbau, 25 tahun

Rusa, 15 – 25 tahun

Kuda, 25 – 30 tahun

Banteng, 26 – 27 tahun

Zebra, 20 – 30 tahun

Jerapah, 25 tahun

Badak, 40 – 50 tahun

Gajah Afrika, 60 – 70 tahun

Nb. Sumber Google.Com

Untuk mencari penyebab ini-itu memang tidaklah mudah. Kami melakukan analisis ini bukan atas dasar penelitian yang dicanangkan terus-menerus melainkan meninjaunya dari faktor-faktor yang secara umum bisa dilogikakan. Analisis kasar ini kami lakukan untuk menegaskan betapa pentingnya aktivitas yang kita lakukan dari waktu ke waktu. Sebab lewat kegiatan tersebutlah kita tetap sehat panjang umur menjalani hidup di dunia yang fana ini. Lagipula kesehatan manusia tidak sesederhana yang dijalani oleh binatang (biasanya hanya tau makan saja). Tetapi masa hidup kita di bumi mencakup bidang yang sangat luas, meliputi kesehatan mental, fisik dan sosial. Berikut akan kami jelaskan beberapa faktor yang mempengaruhi umur predator sehingga lebih pendek dari mangsanya.

No.

Karnivora – Predator

Herbivora – Mangsa

1

Pemakan daging.

Daging memang sehat tetapi harus juga disadari bahwa di dalamnya terkandung darah yang menjadi pembawa penyakit. Artinya, pemakan daging beresiko mengidap penyakit mangsanya. Tatkala yang dikonsumsinya adalah hewan yang sakit. Penularan mikroorganisme lewat darah apalagi tanpa dimasak merupakan faktor yang paling riskan membuat karnivora berumur pendek.

Pemakan tumbuhan.

Seperti kita ketahui bersama bahwa tumbuhan kaya akan zat hijau daun. Selama herbivora mengkonsumsi dedaunan dan rerumputan yang kaya vitamin dan mineral selama itu pula kehidupan mereka terjamin dan bebas dari penyakit. Seperti kita ketahui bersama bahwa zat hijau daun memiliki antioksidan yang baik bagi kesehatan. Juga tidak ada penyakit menular yang dapat ditularkan tumbuhan ini ke dalam tubuh pemakannya.

2

Jarang makan.

Dari semua kekurangan yang mereka miliki, mungkin ini salah satu kelebihan para karnivora. Mereka jarang sekali berburu, sekalipun melakukannya pasti sekali seminggu atau sekali dua minggu saja. Sistem puasa ini memang sudah baik bagi kehidupan mereka yang jarang aktif sehingga lebih sehat panjang umur.

Makan setiap saat.

Apa masalahnya dengan makan setiap hari? Hewan pemakan rumput biasanya setiap hari akan butuh digembalakan ke tempat-tempat tertentu. Jika mereka hidup di alam liar maka pagi-pagi sekali sudah aktif untuk merumput. Herbivora adalah kumpulan binatang yang paling rajin kalau soal urusan perut.

3

Tidak suka mengunyah makanan.

Seperti kita ketahui bersama bahwa kebanyakan karnivora mengunyah makanannya sedikit saja lalu langsung menelan. Bahkan beberapa dari mereka tidak lagi melakukan kunyahan melainkan langsung menelan bulat-bulat. Kebiasaan ini membuat pH makanan tersebut dapat mengganggu pH tubuh (organ pencernaan makanan) sehingga berpengaruh terhadap kesehatan. Tengoklah ke mari kawan, Tips mengunyah yang baik.

Mengunyah makanan terlebih dahulu.

Pemakan rumput suka mengunyah makanannya untuk menyesuaikan hal tersebut dengan pH tubuhnya (organ pencernaan). Bahkan beberapa dari mereka menyukai kebiasaan memamah biak yaitu terus mengeluarkan kembali dan mengunyah makanan di kala sedang istirahat. Bagi kami kebiasaan ini merupakan sesuatu yang baik untuk ditiru oleh setiap orang agar tetap sehat selama hidup. Simak teman, Kegunaan melakukan kunyahan.

4

Tidak banyak bergerak

Kebiasaan ini jelas merupakan salah satu faktor yang sangat mereka sukai. Sebab hewan predator memang lebih banyak menghabiskan waktunya di sarang atau di lubangnya. Bukankah dia juga jarang-jarang makan? Mereka hanya akan aktif bergerak saat di areal tersebut tidak terdapat hewan buruan untuk dimangsa.

Aktif merumput dari pagi sampai sore.

Mereka adalah hewan yang rajin dan selalu aktif. Biasanya bergerak dalam kawanan tertentu untuk membuatnya tetap aman bersama-sama. Kerajinan mereka sangat sesuai dengan kebutuhan akan rumput setiap hari.

5

Lebih banyak tidur.

Biasanya binatang karnivora memilih untuk lebih banyak tidur-tiduran. Ini juga disebabkan oleh kebutuhan mereka akan makanan yang memang sangat sedikit. Bukankah mereka lebih suka berpuasa hampir setiap hari?

Istirahat seadanya saja.

Herbivora tidak pernah tidur seharian penuh kecuali untuk binatang peliharaan yang di kandang. Biasanya mereka akan digembalakan ke padang rumput (khususnya peliharaan) dan bagi hewan liar akan pergi merumput dari pagi hingga petang. Tentu saja ada waktu istrahat di sela-sela aktivitas tersebut.

6

Memiliki anak sedikit

Selain sudah hukum alam, jumlah anak yang dimiliki oleh predator juga sangat dipengaruhi oleh kebiasaannya yang jarang sekali makan. Karnivora memiliki jangka waktu beranak yang jauh-jauhan. Jumlah anak yang mereka miliki juga tergolong lebih sedikit. Masalahnya sekarang adalah apakah ini dipengaruhi oleh sistem imun yang rendah dan aktivitas yang minim atau justru karena hukum alam? Sebab pertambahan jumlah predator tidak boleh melebih mangsanya atau siap menjalani masa kelaparan atau tahap kanibalisme.

Memiliki banyak anak.

Sekali lagi, apakah ini hukum alam atau memang karena herbivora adalah hewan yang aktif dan suka makan rumput yang tinggi antioksidan? Memang kandungan vitamin dan mineral dalam rumput-rumputan yang mereka konsumsi dapat membantu kesuburan. Secara tidak langsung keadaan ini mendukung mereka untuk menghasilkan keturunan lebih banyak sehingga mewujudkan keseimbangan alam. Jadi ada faktor makanan sehat yang membuat mangsa tetap lebih banyak jumlahnya daripada pemangsa.

7

Hidup menyendiri dan berkelompok.

Banyak predator yang hidup secara menyendiri kecuali kawanan serigala dan singa (hidup berkelompok). Kemungkinan hidup yang suka menyendiri inilah yang membuat predator lebih pendek umurnya dari mangsanya.

Hidup berkelompok.

Biasanya pemakan rumput hobi berkelompok. Ini mereka lakukan untuk melindungi mereka dari ancaman karnivora. Apakah hidup yang bersosial itu membuat mereka panjang umur? Bisa saja sebab dengan bersama-sama kemungkinan untuk diserang oleh predator lebih kecil sehingga berumur panjanglah yang hidup dalam kawanan tersebut.

8

Hukum alam.

Umur predator lebih pendek dari mangsanya memang harus berlaku yang adalah hukum alam. Jika pemangsa panjang umur dan lebih banyak dari yang dimangsanya, bisa terganggu keseimbangan alam. Oleh karena itu, memang mereka dianugerahkan Tuhan umur yang lebih pendek agar tidak memburu binatang lainnya sampai habis.

Hukum alam.

Jelas hukum alam lebih melegalkan bagi para mangsa untuk memiliki umur yang lebih panjang. Ini adalah suatu jaminan agar keberadaan mereka tetap lestari sekalipun sering dimakani dagingnya oleh karnivora yang haus akan rasa lapar dan tidak memiliki perasaan belas kasihan sama sekali.

Jangan suka memangsa kawan, orang yang suka memangsa berumur lebih pendek kawan

Mari bandingkan saja antara singa (14) yang hidup di padang rumput savanah dengan zebra (30), jerapah (25) dan banteng (27) yang menjadi mangsanya. Dari sini saja sudah tampak jelas bahwa perilaku hewan yang suka makan daging tok, malas-malasan dan kurang beraktivitas membuat umur mereka lebih pendek. Bukan itu saja, kemampuan bereproduksi hewan predator juga sangat minim (kecuali dipenangkaran) akibat perilaku hidupnya yang terkesan kurang pergerakan. Oleh karena itu, jangan bangga bila hidup ini hanya dihabiskan tanpa melakukan sesuatu sebab orang yang miskin kegiatannya, miskin juga kebaikannya sehingga umurnya mungkin saja tidak sepanjang mereka yang rajin dan aktif melakukan hal positif. Teruslah aktif temanku dengan senantiasa fokus kepada Tuhan dalam doa, firman dan nyanyian pujian. Serta lakukanlah juga kebaikan kepada sesama di sela-sela pelajaran dan pekerjaan yang digeluti dari hari ke hari. Saksikanlah, Fakta menarik seputar rantai makanan di alam rimba.

Salam, Itu sudah takdir,
Predator kurang aktif pendek umur,
Walau mangsa tapi aktif pasti panjang umur
!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.