Keluarga

+10 Manfaat Teh Untuk Kesehatan & Kehidupan – Minum Teh Hitam Lebih Sehat Daripada Kopi

Manfaat Teh Untuk Kesehatan & Kehidupan – Minum Teh Hitam Lebih Sehat Daripada Kopi

Kehidupan yang bergerak ke arah alami dan sederhana

Manusia zaman sekarang sudah jauh berbeda dari orang-orang yang hidup terdahulu. Mungkin ada masa di dalam hidup ini dimana kita sangat menyukai berbagai produk yang lebih rumit: memiliki nama aneh dan cara pembuatannya juga agak sulit. Masa-masa semacam ini mengarahkan kita untuk berusaha lebih demi meraih kehidupan yang berkualitas. Suatu zaman dimana pengetahuan membuat kehidupan kita terkesan lebih susah dari tidak memiliki ilmu sama sekali. Pengetahuan memang baik tetapi ketika ilmu yang kita miliki ditunggangi oleh kepentingan ekonomi dan kapitalisme, niscaya semua menjadi sangat kompleks. Istilahnya adalah “hidup yang seharusnya mudah dibuat-buat semakin pelik semata-mata demi uang dan uang.”

Tinggalkan pengetahuan yang terkesan berlebihan lalu sederhanakan kehidupan dengan cara kembali kepada alam. Menyatu dengan alam adalah usaha terbaik yang bisa kita lakukan dalam upaya mewujudkan hidup yang ramah lingkungan. Sebab pada hakekatnya, seluruh bumi dipersiapkan untuk menopang kehidupan umat manusia. Jadi, jangan murtad lalu menginjak-injak anugerah alamiah lalu memusnahkannya sama sekali dengan mendirikan berbagai kemewahan besutan teknologi. Salah satu wujud kecintaan kita dengan lingkungan adalah dalam mengkonsumsi segala sesuatu. Selalu kedepankan untuk memasukkan hal-hal alamiah ke dalam mulut. Salah satu hal alamiah yang dipanen langsung dari bumi pertiwi adalah teh (teh hitam pada umumnya).

Sedikit tentang sejarah penemuan

Terdapat beragam jenis teh seduh yang terdapat di sekitar kita (dijual secara komersial), di antaranya adalah teh hitam, hijau dan melati. Formula dari tanaman yang disebut sebagai Camellia sinensis (pohon t. Tiongkok) pertama kali ditemukan dan diaplikasikan secara rutin oleh orang-orang dari negeri Tiongkok tepatnya di provinsi Yunnan, bagian barat daya Cina.  Dedaunan sederhana ini awalnya digunakan untuk bahan obat-obatan (Abad ke-8 SM), itupun sudah berumur ribuan tahun riwayatnya. Orang-orang Thionghoa pada waktu itu mengunyahnya (770 SM–476 SM), mereka menikmati rasa yang menyenangkan dari sari daun hijaunya. Bahan ini juga sering kali dipadukan dengan ragam jenis makanan dan racikan sop.

Komposisi daun teh

Para ilmuan pun bersepakan untuk menentukan kandungan dalam dedaunan alamiah yang sudah dikeringkan ini. Semuanya hasil diskusi yang digelar, diputuskan bahwa bahan ini mengandung kafein. Tetapi bagi anda yang sering mengkonsumsinya, jangan khawatir sebab kafein dalam minuman ini lebih rendah (bahkan jauh lebih rendah) dari yang terkandung dalam kopi. Kandungan berikutnya adalah polifenol yang merupakan antioksidan nabati yang digembar-gemborkan memiliki kekuatan dua puluh lima kali vitamin E dan 100 kali vitamin C. Biasanya herbal jenis ini juga menghasilkan aroma yang cukup menggoda yang dilepaskan oleh protein dari esential oil yang terkandung di dalamnya.

Mengapa teh lebih baik daripada kopi?

Saat anda bersantai bersama keluarga di pagi hari, apa minuman yang biasanya menemani? Hanya ada dua minuman yang biasanya diminati oleh orang Indonesia, yang pertama adalah kopi hitam dan keduanya adalah teh hitam. Kami sendiri menganjurkan anda untuk mengkonsumsi bubuk t. atau t. celup yang biasanya beredar luas di pasaran. Satu hal yang kami suka dari minuman ini adalah kafeinnya yang sangat rendah, aman dimunum kapan saja dan dimana saja. Selain itu, bisa dikonsumsi oleh anak-anak di rumah. Juga dikenal baik memiliki antioksidan yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas. Selain itu, aroma yang dihasilkannya juga cukup elegan, mampu memanjakan organ penciuman walau hanya sesaat saja dan masih banyak lagi khasiat lainnya, anda akan menemukannya pada bagian selanjutnya. Sedang kopi hitam kebanyakan dapat mengundang asam lambung. Kandungan kafein yang cukup tinggi dalam larutan kental hitam ini membuatnya tidak boleh terlalu sering dikonsumsi. Kami tidak mengatakan bahwa kopi itu buruk dan tidak sehat tetapi yang kami tegaskan adalah “ngeteh lebih baik daripada ngopi!”

Manfaat teh hitam

Mengapa kami memilih untuk menampilkan manfaat dari teh hitam? Sebab harganya lebih ekonomis dibandingkan dengan yang lainnya (t. hijau atau t. melati). Sekalipun harganya terjangkau tetapi manfaatnya tetap topmarkotop. Aromanya yang khas dengan rasa sepet yang enak di hidung membuat kekuatan yang dihasilkannya cukup baik untuk menjaga kualitas kesehatan keluarga. Kami memang memiliki beberapa pengalaman indah bersama minuman ini yang mana merasakan langsung manfaat yang diberikannya dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini akan kami kupas tuntas, apa saja faedah positif aktif mengkonsumsi minuman ini yang dicermati langsung dari pengalaman pribadi maupun setelah membaca beberapa artikel di internet, demikian selengkapnya.

  1. Mencegah bibir pecah-pecah.

    Seduhan teh yang berasa sepat memuat pH yang lebih basa sehingga mampu menetralkan suasana asam yang biasanya membuat bibir pecah-pecah. Lagipula senyawa antioksidan yang terkandung di dalamnya dapat membantu daya tahan tubuh menguasai sudut-sudut di dalam saluran pencernaan yang tidak terjangkau untuk dibersihkan.

  2. Lidah terbakar dan pecah-pecah.

    Biasanya gejala lidah terbakar disebabkan oleh karena terlalu banyak mengkonsumsi cabai merah, cabai rawit dan sambal pedas lainnya. Keadaan yang tidak mengenakkan ini membuat lidah rasanya terbakar. Untuk meringankan keadaan, anda perlu mengkonsumsi teh pahit tanpa gula dengan sedikit penambahan garam dapur. Rasanya yang sepat akan mencuci dan mengurangi rasa terbakar tersebut. Perpaduan larutan ini lumayan ampuh untuk meringankan rasa pedas di lidah. Lewat antioksidan polifenol yang dikandungnya, turut pula membantu meredakan gejala lidah pecah-pecah yang disebabkan oleh bahan kimia tertentu dalam makanan.

  3. Meredakan panas dalam.

    Minuman yang berwarna merah hati dan beraroma menyegarkan ini memiliki tingkat keasaman yang lebih cenderung kepada basa. Rasa sepat yang ditimbulkannya merupakan salah satu kebaikan akibat perbedaan pH yang lebih tinggi (basa). Kandungan yang baik ini menjadi kekuataan untuk menetralkan berbagai suasana yang tidak menyenangkan yang dibawa oleh perut (biasanya karena kiriman dari lambung). Otomatis saat mengkonsumsi teh ketika asam lambung meninggi, rasa panas di dalam rongga mulut yang ditimbulkan gejala tersebut dapat segera mereda.

  4. Menghilangkan tenggorokan terbakar.

    Kami tidak begitu paham, yang rasanya seperti terbakar itu tenggorokan atau kerongkongan? Sepertinya semua digabung saja sebab saat kita merasakan panas di salah satu saluran tersebut; cenderung tidak dapat membedakannya. Ini dikarenakan jaraknya yang berdekatan satu sama lain sehingga saat yang satu terasa aneh pasti yang lainnya juga turut menjadi aneh. Tetapi dalam analisis sederhana yang berasa seperti terbakar sesungguhnya adalah kerongkongan akibat larutan asam lambung yang merembes (refluks). Racikan paling bagus yang digunakan untuk meredakan gejala ini adalah teh pahit bergaram.

  5. Membantu menyembuhkan maag.

    Penyakit maag biasanya ditandai dengan tingginya sekresi getah lambung yang biasanya berada pada pH asam. Pada satu sisi, saat kita ngeteh, rasa sepet yang dihasilkannya menandakan sifatnya yang basa dengan kadar serat tinggi. Konsumsilah teh pahit dengan penambahan sedikit garam untuk meringankan gejala penyakit maag yang sedang anda derita.

  6. Meredakan sakit perut.

    Sakit perut yang disertai dengan mencret biasanya disebabkan oleh berbagai faktor. Bisa karena waktu makan yang kurang tepat atau makanan yang telah terkontaminasi oleh mikroorganisme (bakteri) tertentu. Menggunakan minuman teh pahit bergaram untuk meredakan penyakit ini adalah pilihan yang tepat. Antioksidan yang dimilikinya membantu tubuh untuk menetralisir kuman yang menyebabkannya. Sedang rasa sepet yang kaya dengan serat membantu membuat kotoran (feses) memadat. Jika penyakit perut yang dialami tidak kunjung sembuh, sebaiknya turut dicoba untuk mengkonsumsi salak.

  7. Membantu puasa.

    Kabar sukacita bagi anda yang biasanya sering melakukan aktivitas puasa namun terkadang gagal akibat rasa lapar yang muncul. Biasanya, saat kita berpuasa, rasa lapar yang mulai terbesit dalam rongga perut bertransformasi menjadi gejala sakit perut atau perut keroncongan. Untuk meredakan gejala yang satu ini, seduhlah teh pahit bergaram sehingga keinginan untuk makan hilang dan puasa pun bisa lanjut terus.

  8. Membantu diet.

    Bagi anda yang suka diet ketat untuk membuat badan proporsional, minuman sepat ini adalah pilihan tepat untuk dikonsumsi. Campuran bahan alami yang terkandung di dalamnya mempersiapkan tubuh untuk tetap sehat sekalipun asupan makanan sedikit-sedikit saja tapi tetap berkualitas. Daya tahan tubuh juga tetap dalam kadar baik yang dibantu oleh kandungan polifenol di dalam teh hitam tersebut. Di sisi lain, kebaikannya yang paling digemari para dieters adalah sanggup menunda lapar. Jadi sudah dapat dipastikan, pelaksanaan program melangsingkan tubuh yang anda lakukan akan sukses. Hanya, tetaplah bersabar dalam perjuangan tersebut!

  9. Membantu menurunkan lemak darah.

    Esensial oil yang terkandung di dalam teh membantu melarutkan lemak di dalam darah. Mereka yang rutin menyeduhnya pasti akan dijauhkan dari penyakit hiperlipidemia. Tentu saja fungsi ini harus didukung penuh dengan kebiasaan membatasi konsumsi panganan pada kebutuhan saja dan menjauhkan diri dari keinginan makan yang lebay.

  10. Membantu menurunkan kadar gula darah.

    Konsumsi makanan yang adekuat membuat jumlah yang dibutuhkan tubuh sesuai dengan yang jumlah yang dimasukkan ke dalam katup berpasukan putih-putih ini. Polifenol yang terkandung di dalam minuman teh membantu melarutkan glukosa dalam darah. Sehingga sel-sel tubuh akan lebih mudah menyerapnya untuk dijadikan energi atau lemak. Sedang kelebihannya akan di kirim ke urin atau feses yang sebelumnya didetoksifikasi oleh organ hati.

  11. Sebagai agen detoksifikasi.

    Ada banyak agen detoksifikasi di luar tubuh selain sistem imun di dalam tubuh, salah satunya adalah antioksidan yang dikonsumsi saat ngeteh di pagi hari. Proses detoksifikasi di dalam tubuh melibatkan komponen yang kompleks dimana semuanya itu dipelopori oleh sel-sel darah putih. Dimana polifenol ini membantu detoksifikasi secara ekstraseluler, ekstravaskuler tepatnya di dalam organ pencernaan manusia. Selebihnya, antioksidan tersebut juga bisa membantu mengatasi racun secara intraselluler (di dalam pembuluh darah).

  12. Membantu menghindari penyakit jantung dan stroke.

    Tentu saja penyakit ini bisa dihindari dengan skema diet yang sehat, disertai dengan aktivitas yang baik (olahraga), konsumsi garam dapur dan tidak lupa juga bekerja sambil berdiri. Esensial oil dan polifenol di dalam teh hitam pahit dapat melarutkan kadar kolesterol dan gula darah. Seperti yang kita ketahui bahwa dua komponen ini biasanya berperan besar dalam menyebabkan penyakit jantung dan stroke. Kekuatan antioksidannya juga membantu mencegah penumpukan lemak pada arteri (arterosklerosis) sehingga stroke jauh.

  13. Membantu menurunkan hipertensi.

    Biasanya, hipertensi disebabkan oleh karena tingginya glukosa dan kolesterol bebas yang terkandung dalam darah. Keadaan ini membuat masa jenisnya semakin tinggi dan berjalan melambat. Darah yang kental membutuhkan dan menimbulkan tekanan yang tinggi untuk mengedarkannya ke seluruh tubuh (hipertensi). Namun polifenol dan esensial oil membantu melarutkan senyawa metabolisme tersebut agar kelebihannya didorong ke ginjal atau feses sehingga kadar kolesterol dan glukosa membaik.

  14. Membantu mencegah kanker.

    Antioksidan yang terkandung di dalam setiap seduhan teh membantu menjauhkan tubuh dari sel-sel yang mengganas. Kala sel-sel mengalami perubahan yang agresif, sistem imun menjadi satu-satunya alat pengenal. Jika kekebalan tubuh seseorang baik maka kemampuan mengenali sel yang menggila juga semakin jeli. Akan tetapi, di saat sistem imun lemah, sel-sel yang mengalami mutasi tersebut akan dibiarkan menjadi tumor bahkan kanker.

  15. Membantu kesehatan gigi dan mulut.

    Polifenol efektif untuk mengatasi pengaruh buruk dari mikroorganisme di dalam tubuh. Jika kekuatan kuman sudah melemah biasanya pembentukan plak pada gigi akan menurun drastis sehingga mulut tetap bersih. Oleh sebab itu, adalah baik bagi anda mengkonsumsi teh sembari mengaduk-aduknya di dalam rongga mulut dengan bantuan lidah. Tindakan ini membantu menyebarkan manfaatnya agar merata di seluruh area permukaan organ pencernaan bagian atas.

  16. Memberi kesegaran bersama keluarga.

    Ngeteh bersama keluarga bisa jadi sebuah rutinitas positif yang bisa digalakkan secara terus-menerus. Sambil bersantai, sambil bercerita tentang hal-hal yang dialami (pengalaman), mimpi, kuis rohani bahkan bisa juga melakukan teka teki kehidupan. Semua aktivitas ini akan menyegarkan dan menghangatkan rasa kebersamaan di dalam keluarga masing-masing.

  17. Pupuk kompos.

    Memanglah panganan yang satu ini, dari awal sampai akhir berguna dan dari sarinya sampai ampasnya pun bermanfaat. Kami yakin setiap Ibu rumah tangga dan remaja putri suka memiliki bunga di dalam pot atau di tanah pekarangan depan/ samping/ belakang rumah. Gunakanlah ampas teh ini sebagai kompos untuk membantu membuat tanaman kesayangan anda tumbuh dan mekar dengan baik.

Cara membuat teh pahit bergaram

Formula segar pahit yang satu ini bisa jadi sebagai salah satu menu sarapan anda. Manfaatnya yang luar biasa dalam hidup merupakan faktor pendukung yang sangat memukau. Anda perlu membuktikannya sendiri dengan senantiasa mengkonsumsi minuman tersebut setiap harinya. Seduhlah teh secukupnya dengan air mendidih, biarkan lama dan tidak perlu ditambahkan gula. Sebaliknya tambahkanlah sedikit saja garam untuk membuat rasanya menjadi garing bukan asin. Penambahan gula tergantung selera masing-masing, jika tujuannya untuk menurunkan berat badan maka butiran putih tersebut harus masuk pengecualian. Anda bisa mengkonsumsinya dua sampai tiga kali dalam sehari untuk menjaga kesehatan tetap ideal.

Kesimpulan – Ajakan untuk rutin ngeteh bareng keluarga

Teh merupakan salah satu minuman yang melegenda, berasal dari negeri Tiongkok dan memiliki manfaat yang luar biasa. Anda perlu mempertimbangkan untuk menambahkan minuman ini ke dalam daftar menu harian, bukankah harganya cukup terjangkau? Mungkin saja beberapa orang merasa bahwa kopi memang baik tetapi kami meyakinkan anda bahwa ternyata ngeteh yang lebih baik. Selama ini orang mengagumi kopi karena bisa menunda lapar, kami juga sudah membuktikan bahwa teh mampu menunda rasa lapar asalkan dikonsumsi dalam kadar kental berasa pahit dengan penambahan sedikit garam (tak ada garam juga tetap efektif lho….). Kandungan antioksidan yang termuat di dalamnya juga membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan melarutkan sari-sari makanan agar bisa diserap di dalam sel. Selain itu, bagi anda yang sering menderita panas dalam, sariawan, tenggorokan terbakar, asam lambung tinggi dan penyakit pencernaan lainnya, disarankan untuk mengkonsumsi teh hitam pahit bergaram (garam tidak ada juga tidak masalah, ini hanya meningkatkan efektivitasnya).

Salam, Minumlah minuman yang sehat,
Tidak hanya menambah segar tapi sebagai obat
!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.