Keluarga

7 Cara Mewujudkan Mimpi – Bermimpi Besar Tidak Semuanya Bisa Direalisasikan Di Dunia Nyata

Cara Mewujudkan Mimpi – Mimpi Besar Tidak Semuanya Bisa Direalisasikan Di Dunia Nyata

Teka teki – Film apa yang ditonton dengan cara merem?

Tidak ada yang salah di dunia ini tetapi kitalah yang arogan, manipulatif dan serakah

Segala hal yang ada di bumi ini, yang tampak dan terasa manfaatnya, ditujukan demi kebaikan umat manusia. Tidak ada satu pun yang bertujuan buruk tetapi kitalah yang terlalu serakah. Sebisa mungkin, ingin lebih unggul dari orang lain (arogansi) semata-mata untuk beroleh pujian dan penghormatan dari sesama. Hal-hal semacam ini secara tidak langsung membuat manusia bangga akan kehidupannya sehingga sombong kebablasan. Mulai dari sinilah peran seseorang melemahkan dan menggerogoti nilai-nilai kebenaran di dalam kehidupan (manipulatif). Pikiran, perkataan dan perbuatan yang ditempuh mulai terkesan lebay yang berakibat menjadi masalah kecil sampai besar. Kebobrokan ini biasanya bisa membawa dampak negatif bagi kehidupan orang itu sendiri, sesama manusia dan terhadap lingkungan sekitar.

Khayalan tidak baik untuk diwujudkan

Kita selalu tertarik untuk mengeksplorasi berbagai kejadian yang terjadi di sekitar maupun yang hanya dialami oleh pikiran sendiri. Terdapat kemampuan pikiran untuk mengaktifkan peristiwa imajiner melebihi batas-batas realitas. Peristiwa ini menunjukkan kepada kita Anugerah pikiran yang diberikan Tuhan kepada masing-masing orang telah menjadi daya tarik untuk menciptakan hal-hal yang positif sampai negatif. Ada dorongan untuk membuat ini dan itu, mengaplikasikan imajinasi atau lebih tepatnya mewujudkan mimpi ke dalam kenyataan. Terkadang hasrat semacam ini merupakan suatu hal yang mengakibatkan dampak buruk bagi kehidupan di bumi. Sebab angan-angan kita terlalu tinggi untuk diaplikasikan ke dalam dunia nyata yang pada dasarnya terbatas ketersedian sumber dayanya.

Ada imajinasi yang bisa dikabulkan oleh diri sendiri

Di sisi lain, ada juga bagian mimpi yang secara tidak langsung memberikan kepada kita gambar tentang peristiwa yang akan datang kelak. Beberapa orang akan menanggapi hal tersebut secara santai tanpa berbuat apa-apa sehingga tidak terjadi sesuatu yang berhubungan dengan hal yang dimimpikan. Ada juga orang yang begitu serius menanggapi film tidur tersebut sehingga menyusun perencanaan dan mengatur persiapan untuk menyambutnya di masa depan. Pula ada kaum yang menganggap bahwa film tidur ini sebagai suatu peringatan agar kita senantiasa berjaga-jaga menghadapi segala sesuatu dari waktu ke waktu. Waspada bukan berarti takut tetapi orang yang selalu berhati-hati akan berupaya untuk memfokuskan seluruh pikiran dan sikapnya semata-mata demi kebenaran hakiki.

Perlunya memfasilitasi pengalaman imajiner ke dalam bentuk karya seni

Adalah lebih baik bagi kita untuk memediasi mimpi-mimpi yang dimiliki ke dalam bentuk informasi yang lebih sederhana. Seperti yang kami lakukan, menuliskannya dalam berbagai bentuk cerita (lewat buku atau catatan elektronik), bisa di atas kanvas (menggambar, melukis), membuat miniatur (seni rupa) dan lain sebagainya. Ada juga yang menuliskan kisah mimpinya dengan metoder karikatur sedang yang lain menyusunnya dalam desain grafis yang menawan. Masakan kalau kita memimpikan rumah gede, harus buat rumah? Lebih baik menggambarnya dalam sebuah kanvas. Ketika memimpikan mobil generasi tercanggih, harus beli mobil? Lebih baik membuat miniaturnya dalam seni rupa. Sewaktu memimpikan perang, masakan harus berperang? Lebih baik merangkaikannya dalam bentuk cerita.

Khayalan yang melampaui batas kewajaran sebaiknya didokumentasikan

Yang hendak kami tegaskan di sini adalah kekuatan imajinasi otak terkadang sangat luar biasa melebihi batas yang bisa wujudkan dalam rupa-rupa kejadian nyata. Lebih baik mulai menyusun beberapa karya untuk mempresntasikan mimpi tersebut sebab sangat tidak relevan jika direalisasikan dalam bentuk riil (nyata). Seperti saat kita bermimpi memiliki sebuah rumah megah di pulau terpencil. Masalahnya sekarang seberapa besar uang yang dibutuhkan? Sudah termasuk di dalamnya bahan bakar, transportasi, makanan-minuman, kayu balok, kerikil, pasir, batu, semen dan lain sebagainya. Bukankah itu memakan banyak sumber daya? Tetapi, cobalah melukisnya dalam kanvas dengan begitu kita pun tetap memiliki rumah mewah di pulau terpencil. Bukankah itu sama saja: punya rumah mewah yang menyendiri di dalam lukisan? Ini adalah salah satu cara terbaik menjaga lingkungan tetap tercukupi sumber dayanya sembari mewujudkan semua impian selama ini.

Kiat mewujudkan mimpi ke dalam kehidupan.

Seperti kata orang “mimpi adalah bunga-bunga tidur.” Kami sendiri menganggap hal ini sebagai kekuatan yang dianugerahkan Tuhan kepada seseorang. Di sisi lain, ia bisa dianggap sebagai serpihan pahit-manis kenangan masa lalu yang selalu diingat-ingat. Ada juga yang menganggapnya sebagai sebagian dari informasi yang membuat pemimpi terfokus di hari sebelumnya. Demikian beberapa defenisi dari film tidur ini, jika anda memiliki pendapat yang berbeda, silahkan tuliskan di hati masing-masing 😀  tulis di kolom komentar juga boleh.

Sebenarnya, pertama-tama yang dilakukan sesaat setelah bermimpi adalah berdoa kepada Tuhan. Silahkan mengucap syukur baik-buruknya hal tersebut dan apapun itu semoga Tuhan mempersiapkan anda untuk menghadapinya. Ada banyak jalan yang dapat kita tempuh untuk memperjuangkan isi otak ini. Pada dasarnya ada dua sikap saat mencerna film tidur ini, yaitu meresponinya atau mengabaikannya sama sekali.

Berikut ini akan kami tunjukkan/ jelaskan/ paparkan cara memanifestasikan berbagai jenis imajinasi tidur yang dimiliki.

  1. Melakukannya langsung, saat itu juga.

    Seperti kata pepatah lama, “dimana ada niat, disitu ada jalan!” Jika ada kemauan untuk mentransformasikan khayal, semua bisa diperjuangkan. Asalkan, kita mampu memahami kemampuan dan sumber daya yang dimiliki. Biasanya mimpi jenis ini seputar dorongan untuk menikmati hidup dengan cara ini-itu, dengan berkunjung ke sana-sini dan dengan mengkonsumsi/ membeli ini-itu. Sekali lagi kami ingatkan untuk melakukannya sesuai dengan kemampuan masing-masing pribadi.

    Di dalam hal tertentu ada juga jenis mimpi yang menuntun kita untuk berbuat baik kepada orang lain, memaafkan seseorang, meminta maaf kepada sesama, bersikap positif dalam menjalani hidup dan lain sebagainya. Semua hal ini bisa anda wujudkan asalkan bertujuan baik dan benar. Sebaiknya film tidur yang bernada negatif terhadap diri sendiri, orang lain dan lingkungan sekitar perlu dipangkas. Saringlah hal-hal tersebut agar sesuai dengan nilai-nilai kebenaran hakiki (kasih kepada seutuhnya Tuhan dan kasih kepada sesama manusia seperti diri sendiri).

  2. Menyusun perencanaan, untuk dicapai di masa depan.

    Mimpi tentang visi kehidupan bisa saja terngian di dalam tidur panjang yang dilalui. Beberapa orang lainnya juga mendapatkan visi kehidupan dalam keadaan sadar. Apapun yang hendak anda capai di masa depan, berupayalah untuk menanggapi keadaan tersebut secara santai. Tidak perlu menggembar-gemborkannya kepada banyak orang. Cukuplah jadikan itu sebagai komitmen positif di dalam hati saja.

    Saat memutuskan di dalam diri sendiri tentang mengikat suatu persepsi mimpi sebagai visi maka yang perlu anda lakukan adalah merencanakn segala sesuatu. Anda perlu menulis daftar yang harus dicapai di masa kini dan masa depan untuk memanifestasikan semuanya itu. Pada kesempatan ini, milikilah pengharapan kepada Yang Maha Kuasa dan berusahalah sebisa mungkin menggapai itu semampunya. Tetapi apapun hasilnya pasrahkan semuanya itu di dalam kehendak Tuhan. Sekalipun hasilnya tidak sesuai dengan harapan, janganlah bersedih hati, tetap terima kenyataan hidup dengan ikhlas. Lirik juga sobat, Kiat merencanakan cita-cita di masa depan?

  3. Mengkomunikasikannya dengan sesama (menceritakannya kepada orang lain).

    Pada lain kesempatan, mungkin saja kita diberitahu sesuatu lewat mimpi agar bisa menceriterakannya kepada sesama. Ini bisa jadi suatu bahan untuk menambah keseruan dan menghangatkan kebersamaan di dalam keluarga. Anda bisa melukiskan kisahnya secara apa adanya atau dengan melakukan penyesuaian dan improvisasi agar terkesan lebih bermakna.

    Di sisi lain ada juga jenis imajinasi tidur yang berupa visi bersama orang-orang tertentu. Mungkin saja anda sedang diberikan sebuah nubuatan yang menunjukkan bagaimana-bagaimana kehidupan keluarga/ persahabatan/ perkumpulan ini ke depan. Oleh karena itu, persiapkanlah segala sesuatu untuk mewujudkan visi tersebut. Susunlah perencanaan yang mendetail untuk mencapai tujuan bersama keluarga/ saudara/ sahabat/ kelompok/ organisasi. Ajak rekan-rekan yang lainnya untuk bersama-sama menyusun berbagai upaya untuk mewujudkan hal tersebut.

    Harap perhatikan baik-baik visi kelompok/ keluarga anda. Pastikan bahwa hal-hal tersebut tidak bertentangan dengan nilai-nilai kebenaran hakiki (totalitas kasih kepada Allah dan kasih kepada sesama yang sama seperti diri sendiri) serta tidak bertentangan dengan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia. Galakkan perjuangkan terbaik dari perkumpulan anda tetapi apapun hasilnya pasrahkan kepada Tuhan. Ikhlaslah menerima hasil yang mungkin agak kurang sesuai harapan, yang penting sudah berusaha!

  4. Mempersiapkan diri dan keluarga untuk mencetak generasi berkualitas yang takut akan Tuhan (Memiliki pengharapan).

    Perlu diketahui bahwa ada juga jenis mimpi yang sifatnya tidak diwujudkan dalam zaman ini. Sama halnya seperti visi yang didapati oleh bapa Abraham. Dialah orang beriman pertama yang percaya kepada janji Tuhan. Pengharapannya teguh tak tergoyahkan di dalam Tuhan. Sebab dia tetap percaya kepada walaupun awalnya janji tersebut ditujukan di zamannya tetapi ujung-ujungnya malahan ada hal yang baru ditepati 42 generasi setelah kehidupannya. Ini terjadi tepatnya di zaman Tuhan Yesus sendiri. Lirik juga kawan, Mengapa Abraham disebut bapa orang percaya?

    Mungkin visi yang anda peroleh saat ini bercerita tentang sesuatu yang masih sangat jauh ke depan. Memang hal tersebut berhubungan dengan kehidupan anda tetapi yang mengalaminya adalah generasi selanjutnya (anak, cucu, cicit dan seterusnya). Apapun visi yang diberikan Tuhan kepadamu, jangan berputus asa jika hal tersebut masih belum terwujud hingga sekarang. Itu adalah visi masa depan, jadi bersukacitalah karena Tuhan mengizinkan anda melihat keturunan yang kemudian. Tetap menempuh jalan Tuhan, selalu fokus kepada-Nya (doa, firman, nyanyian pujian), kasihi sesama seperti diri sendiri, hadapi rintangan dengan tulus hati dan hiduplah sederhana merendahkan hati.

  5. Membuat hidup lebih waspada.

    Bermimpi tentang hal yang buruk-buruk memang sangat tidak mengenakkan batin ini. Dahulu kami waktu masih anak sekolahan suka membayangkan diri sendiri dalam tekanan yang sangat besar. Akhirnya kami memahami bahwa mimpi buruk yang berulang-ulang tersebut mengantarkan diri ini untuk terbaring di rumah sakit selama tiga bulan karena suatu penyakit.

    Mungkin di luar sana anda juga mengalami beberapa film tidur yang kurang mengenakkan untuk diceritakan. Hal ini bisa saja dikotori oleh pengaruh kebiasaan anda yang suka menonton film horor sehingga rasa takutnya pun sampai dibawa dalam tidur. Jika memang pengalaman imajiner tersebut murni sebagai suatu peringatan, setiap orang perlu lebih waspada menjalani hidupnya. Sikap waspada ini diwujudkan dalam bentuk tindakan yang lebih hati-hati dalam menjalani hidup. Meningkatkan ketelitian saat memperhatikan segala sesuatu agar sebisa mungkin menghindari diri untuk melakukan kesalahan/ ketelodoran yang tidak disengaja.

    Kekuatan waspada ini sebaiknya tidak mengarah kepada ketakutan. Biasanya sikap yang terlalu hati-hati menunjukkan bahwa kita sedang dalam ketakutan. Terlebih ketika keadaan tersebut sampai membuat anda paranoid terhadap oknum tertentu. Oleh karena itu, kendalikan ketakutanmu dengan memasrahkan hidup hanya kepada Tuhan. Kalau semuanya telah dipercayakan di dalam kuasa-Nya, pastilah penyertaan-Nya akan nyata. Lebih dari itu, mati pun kita pasti akan kembali di sisi-Nya dalam sorga. Yang penting kita sudah berusaha sebaik-baiknya dan sebenar-benarnya.

  6. Mewujudkannya lewat karya seni.

    Terkadang ada orang yang dianugerahi film tidur sekedar untuk mewujudkannya dalam bentuk karya seni. Biasanya mimpi yang luar biasa ini terkesan berlebih-lebihan tetapi sangat menarik untuk dikisahkan kepada sesama. Oleh karena itu, baik untuk mewujudkannya dalam bentuk perumpamaan yang memberi makna bagi kehidupan. Melakukan beberapa adaptasi dan improvisasi sehingga jadilah karya yang layak dipertontonkan. Beberapa orang juga menggabungkan mimpinya semata-mata untuk membuat suatu karya yang mendatangkan kebaikan bagi kehidupan banyak orang.

    Memanfaatkan mimpi untuk dijadikan awal berkarya bisa jadi sebagai suatu hobi untuk menghabiskan waktu luang yang dijalani dari waktu ke waktu. Semua orang bisa memulainya dengan menulis buku diari/ jurnal harian, menulis pengalaman pribadi, puisi, pantun, cerita yang terbesit di kepala, syair lagu, membuat teka teki dan lain sebagainya.

    Di sisi lain karya seni juga dapat diwujudkan lewat seni rupa, misalnya mengukir, mematung, menggambar/ melukis. Seni yang satu ini bisa juga dibuat di dunia nyata dan bisa disusun di dunia kabel. Anda dapat membuatnya dalam seni grafis di komputer-PC lalu mengirimkannya secara online ke dunia maya. Apapun karya bisa dikirim lewat tulisan, musik, video dan lain sebagainya. Tentu saja, tulisan-tulisan yang anda hasilkan bisa juga dikibarkan di blog-blog pribadi tetapi bukan untuk beroleh pujian melainkan semata-mata menghidur diri sendiri dan bila dimungkinkan untuk menghibur orang lain juga.

  7. Mengabaikannya sama sekali.

    Pada beberapa kesempatan terkadang ada juga berbagai-bagai mimpi yang sebenarnya hanya hoax sehingga lebih baik diabaikan saja. Kami sendiri banyak mendapatkan penglihatan sembarang semacam ini yang ternyata hanya bunga-bunga tidur belaka. Mungkin kekuatan imajinasi malam semacam ini timbul akibat kita belum bersekutu kepada Tuhan sebelum menuju tempat tidur.

    Ada pula orang yang mengalami mimpi buruk semacam ini akibat kebiasaan menonton beberapa film hantu (setan) yang jelas-jelas meracuni otak. Gambaran yang buruk-buruk itu semakin lengket di otak saat kita terlalu fokus kepada hal tersebut. Daripada fokus membahas-bahas berbagai keadaan tersebut di dalam hati, lebih baik bahas-bahas tentang firman atau mengingat persiapan kerja untuk esok hari atau bahas tentang pelajaran dan hal positif lainnya.

    Jika memang setan itu bergentayangan terus-menerus di dalam pikiran anda. Jangan melarikan diri terus melainkan silahkan undang dia untuk mendekat dan menangkap anda. Toh tidak akan terjadi apa-apa, sekalipun anda memeluk hantu gentayangan tersebut. Keberanian untuk bersahabat dengan ketakutan sendiri merupakan salah satu cara mengatasi khayalan yang mengerikan tersebut.

Mimpi yang kita alami di dalam tidur malam yang panjang bisa jadi apa saja. Anda bisa mengarahkan semuanya itu sesuai dengan kebutuhan dan kepentingan yang paling mendesak. Imajinasi tidur memang dapat diarahkan kemana saja, bisa jadi visi sendiri yang dirahasiakan dan direncanakan sebaik-baiknya. Ada pula yang menjadikannya sebagai tujuan bersama untuk dibagikan kepada sesama. Juga ada yang mewujudkannya dalam bentuk sikap yang lebih hati-hati dalam menjalani hari. Sedang orang-orang yang bermimpi terlalu besar, terkadang hal-hal tersebut bukan untuk diwujudkan sebab terlalu memboroskan sumber daya saat direalisasikan. Imajinasi luar biasa semacam ini sebaiknya diunggah dalam bentuk karya seni, bukankah anda bisa mewujudkannya sendiri? Pada dasarnya setiap pemimpi pantas mendapatkan visi yang diimpikannya. Hanya saja, mungkin hal tersebut bercerita tentang masa yang masih jauh ke depan dimana keturunan andalah yang dapat mewujudkannya. Oleh karena itu, persiapkanlah keluarga anda selalu berjalan di jalan Tuhan, jalan kebenaran, yaitu kasih yang total kepada Allah dan kasih yang setara dengan diri sendiri kepada sesama manusia.

Salam, Film tidur imajinasi yang perlu dikejar,
Persiapkan diri menyambut hari yang segar,
Yang tak penting abaikan agar tak ngawur
!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.