Herbal Ajaib

+10 Cara Mengatasi Mulut Pahit – Menghilangkan Lidah Terasa Pahit Dengan Mudah, Murah Dan Alami

Cara Mengatasi Mulut Pahit - Menghilangkan Lidah Terasa Pahit Dengan Mudah, Murah Dan Alami

Aktivitas konsumsi sangat berfaedah bila terkendali

Makanan dan minuman merupakan kebutuhan yang tak terpungkiri oleh manusia manapun. Selama kita masih hidup dalam tubuh yang fana ini maka selama itu pula akan terus mengonsumsi keduanya, baik secara bersamaan maupun secara terpisah. “Pemula biasanya kurang mampu menahan keinginannya untuk membeli ini-itu walau tidak dikonsumsi. Orang cerdas biasanya menyeleksi keinginan belanjanya terhadap bahan konsumsi. Sedang orang bijak biasanya berpuasa, makan dan minum pada momen yang tepat.” Makanan jelas menggoda banyak indra, bahkan semua indra anda bisa dihasut orang semata-mata agar mau membeli produknya. Tetapi orang yang sudah terbiasa menundukkan indranya lewat aktivitas puasa, dimampukan juga menahan godaan besar dari luar.

Apa jadinya waktu makan anda, jika semuanya terasa memuakkan?

Apalah jadinya makanan dan minuman yang kita konsumsi jika tidak bisa merasakan kenikmatannya? Seperti kata orang, “sederhana pun makanan akan terasa sedap jika jumlah garamnya mantap.” Bagi Ibu-Ibu dan kaum remaja yang selalu menyiapkan hidangan di atas meja, pastilah jago menakar garam agar tepat sehingga kelezatannya meremas mulut sampai mabuk bahkan ditelan masih tertinggal cita rasanya. Akan tetapi, bagaimana jadinya ketika lidah kita sudah oyong duluan sebelum makan? Syaraf-syaraf yang terdapat di sana malahan menyampaikan pesan bahwa mulut sedang dalam keadaan pahit. Padahal panganan yang terdapat di depan adalah favorit kegemaran keluarga besar. Situasi yang juga memahitkan hati tersebut lebih banyak disebabkan oleh miskinnya pengeluaran air liur oleh kelenjar saliva.

Sekilas tentang fisiologi saliva

Fungsi utama saliva adalah untuk melembabkan, menetralkan keasaman dan membantu proses pencernaan makanan selama di dalam mulut. Kekuatan yang terdapat di dalamnya adalah elektrolit pH netral yang bersifat sebagai buffer. Selama tahapan konsumsi, mulut mengunyah makanan sebagai proses awal (inisiasi) pencernaan. Biasanya saliva bisa dihasilkan sebanyak 1-1,5 Liter per hari untuk setiap orang dewasa. Jangan sepele, di dalamnya juga terdapat sel-sel imun (sejenis IgA) dan enzim (lisozim, laktoferin, peroksidase dan lainnya) untuk menjamin terkendalinya jumlah mikroorganisme di dalam mulut maupun selama proses mengunyah makanan. Umumnya, apa pun penyakit infeksi yang terjadi di rongga mulut, pasti disertai dengan lemahnya produksi air ludah.

Pengertian

Dari sekian banyak penyakit, keadaan umum yang biasanya diderita oleh masyarakat adalah gejala mulut pahit. Merupakan gejala suatu penyakit yang disebabkan oleh menurunnya produksi air liur, dehidrasi dan kontaminasi oleh zat kimia tertentu. Tidak ada orang yang ingin aktivitas menikmati hidup ini hilang dari kesehariannya hanya karena kepahitan yang tak terbendung. Pada dasarnya, keadaan pilu tersebut bukanlah karena mulutnya yang berpenyakit melainkan bagian lain yang sakit sedang gejalanya sampai ke mulut. Orang yang biasanya mengalami penyakit kronis atau akut yang disertai dengan dehidrasi dan aktivitas mengkonsumsi obat-obatan, mungkin saja akan mengalaminya. Sedang di sisi lain, keadaan ini ditimbulkan pula oleh kebiasaan buruk yang suka merokok, minuman beralkohol,narkoba, gila ngemil dan lain-lain. Saksikanlah, Faktor yang mempengaruhi pahitnya mulut.

Kiat mengatasi pahit mulut galau dengan mudah, murah dan alami

Saluran pencernaan makanan merupakan organ dalam yang paling banyak terpapar dengan antigen asing yang berasal dari luar tubuh. Salah satu sentuhan yang menunjukkan betapa enaknya hidup ini, terjadi di dalam mulut tepatnya pada permukaan lidah. Rasa pahit yang timbul tak bisa hilang, biasanya membuat nafsu makan seseorang menurun. Bila keadaan ini terus berlanjut, bisa membuat seseorang kerempengan, tetapi justru banyak juga yang suka langsing. Tetapi, tidak makan sama-sekali tiap-tiap hari jelaslah berbahaya. Oleh karena itu, kami memiliki beberapa saran untuk membantu anda menyelesaikan kepahitan ini, hanya saja tidak menjamin 100% berhasil, namun “dimana ada niat, di situ ada jalan.” Berikut selengkapnya cara mengatasi mulut pahit, alami, mudah dan murah-meriah.

  1. Sembuhkan penyakit anda.

    Apakah anda memiliki sakit fisik yang cukup parah sehingga membutuhkan waktu berminggu-minggu untuk diobati? Harap dahulukan pengobatan penyakit primer tersebut sebab pahit pada lidah hanyalah dampak sekundar yang biasanya segera sembuh jika sakit utama reda. Infeksi yang kita rasakan yang disertai demam bisa memicu dehidrasi sehingga membuat indra pengecap berasa empedu terhadap semua makanan. Kurangnya nafsu makan di saat genting seperti ini bisa saja memperlambat proses penyembuhan.

    Anda perlu meluaskan lebih banyak pengetahuan lagi untuk menyembuhkan penyakit, baca ini itu dan tanya sana-sini. Atau bila ada biaya tambahan, silahkan berobat ke rumah sakit/ puskesmas/ praktek dokter terdekat di sekitar tempat tinggal anda. Biasanya, semua ini butuh waktu, jadi bersabarlah menantikannya dan hadapi semuanya dengan kepala dingin agar solusinya diinspirasikan oleh Sang Khalik.

  2. Rajin minum air.

    Air lebih banyak kita butuhkan daripada makanan. Biasanya setiap orang dewasa membutuhkan minimal dua liter perhari (8-10 gelas). Sedang bagi orang yang sedang melahirkan, kebutuhannya minimal dua koma lima liter per hari. Seperti halnya kelenjar lainnya, kelenajar saliva juga membtuhkan asupan cairan yang memadai untuk melakukan fungsinya. Oleh karena itu, perhatikan gelas anda dan jangan sampai lupa meminumnya.

    Saat tubuh anda kaya akan cairan, kelenjar saliva pun tidak akan susah-susah untuk mengeksresikan getahnya dalam jumlah seperlunya saja. Ini membuat gejala penyakit mulut pahit akan mereda secara perlahan dan pasti.

  3. Konsumsi air garam manis.

    Merupakan senyawa elektrolit yang bermanfaat untuk melengkapi fungsi daya tahan tubuh sekaligus menjaga kadar asam-basa di dalam tubuh (pH). Buffer yang satu ini merupakan salah satu minuman yang sederhana, murah, alami dan mudah didapatkan. Konsumsilah garam sebanyak 9 gram per hari (kira-kira 2 sendok teh). Hanya saja, buatlah dalam kadar isotonik dimana rasanya manis tawar nikmat. Jika minuman tersebut keasinan silahkan tambahkan air sampai rasanya mau bermanis-manis manja.

    Elektrolit yang terkandung dalam garam dapat memperkaya elektrolit dalam tubuh sehingga dapat menyuplai seluruh organ termasuk mulut. Air liur yang berkualitas akan mencegah bahkan menyembuhkan gejala penyakit lidah terasa pahit.

  4. Rutin menelan ludah sendiri.

    Air liur adalah buffer alamiah yang berperan luas bagi pencernaan makanan bagian atas hingga ke lambung. Sering menelan air liur merupakan kebiasaan baik yang perlu dipelihara. Manfaatnya adalah menghilangkan GERD, lambung terasa perih, memberi rasa kenyang, menghilangkan rasa pahit di mulut dan lain sebagainya. Jadi saat kepahitan itu muncul tiba-tiba, perbanyaklah menelan ludah sendiri adalah cara jitu mengobatinya.

  5. Konsumsi buah-buahan asam manis.

    Buah yang mengandung vitamin C biasanya kaya akan kandungan elektrolit, misalnya aneka jeruk: jeruk manis, jeruk nipis, lemon dan lain-lain. Rutin mengkonsumsi buah dapat meminimalisir kekurangan vitamin dan mineral sehingga air ludah mencukupi juga membantu mengatasi dan menyembuhkan pahit di mulut.

  6. Buat alarm, minta kerabat mengingatkan.

    Bagi orang tua yang sering lupa mengkonsumsi air sehingga nafsu makan turun, berupayalah untuk mengakalinya. Manfaatkan fasilitas alarm dan pengingat yang ada di telepon genggam bahkan hp standar sekali pun memiliki fungsi tersebut. Buat pengingat atau alarm yang memastikan bahwa anda tidak lupa mengkonsumsi air putih atau air garam manis dan lain-lain.

    Pengingat tidak hanya mesin, bagi yang suka pikun, silahkan manfaatkan kerabat anda untuk mengingatkan seputar hal tersebut. Orang di sekitar dapat membantu memperingatkan seputar aktivitas yang sangat penting tersebut agar dicegah dari dehidrasi sehingga lidah pahit pun menjauh.

  7. Rajin menggosok gigi.

    Biasanya gosok gigi dilakukan pada pagi dan malam hari. Jangan lupa rutinitas ini untuk menjaga mulut tetap sehat dan kandungan mikroorganismenya ditekan seminimal mungkin. Bakteri yang membandel bisa saja mengubah keasaman mulut sehingga rasa pahit pun muncullah. Oleh karena itu, menjaga kebersihan mulut sangatlah penting sebelum terlambat.

  8. Hindari merokok.

    Bahan kimia pada rokok dapat menyisakan residu di lidah sehingga membuat rasanya pahit. Lagi pula tekanan syaraf yang diberikannya dapat membuat seseorang hilang ingatan (ngefly) sejenak sehingga lupa mengkonsumsi air. Mereka yang tidak membiasakan dirinya untuk merokok dapat dijauhkan dari suasana mulut yang memahit.

  9. Hindari minuman keras.

    Kehilangan akal sehat saat meminum minuman keras dapat pula sekaligus membuat orang tersebut lupa mengkonsumsi air. Dehidrasi semacam ini akan semakin parah jika sering-sering terjadi sehingga terjadi perubahan pH pada mulut. Oleh karena itu, sebaiknya janganlah mengonsumsi miras agar hari-hari lewat dari kepikunan.

  10. Hindari narkoba.

    Mengonsumsi narkoba jelas menekan sekaligus secara berangsur-angsur merusak sistem syaraf pusat. Gangguan otak semacam ini sering sekali membuat seseorang lupa banyak hal, termasuk lupa makan dan minum. Orang yang kecanduan dengan barang haram ini bisa saja dehidrasi parah namun mereka tidak menyadarinya. Oleh karena itu, jadilah waras dan berhenti mengonsumsi narkoba sekaligus agar terhindar dari rasa pahit di mulut.

  11. Hindari makan/ ngemil berlebihan.

    ngemil makanan ringan sambil nonton film di kos/ rumah teman/ bioskop bisa saja membuat seseorang kebablasan. Masalah yang banyak sehingga membuat stres bisa juga membuat seseorang makan terus-menerus. Banyaknya asupan makanan ringan sedang minum sedikit bisa saja membuat produksi ludah menurun. Sebab sebagian besar cairan tubuh telah ditarik masuk ke organ pencernaan termasuk dalam kelenjar saliva. Penurunan ini jelas akan menyebabkan rasa makanan atau cemilan tersebut kurang sedap di lidah. Ini terjadi bukan karena makanannya yang berubah lambok/ rusak melainkan tubuh kekuangn air. Oleh karena itu, hentikan konsumsi panganan yang berlebihan dan minumlah air lebih banyak (secukunya).

  12. dan lain sebagainya, silahkan cari sendiri….

Manusia adalah makhluk darat tetapi tubuhnya ±70% terdiri dari air. Kita memang tampak kering dari luar layaknya kering kulit kayu galing-galing. Tetapi, pada kenyataannya, kita rapuh tanpa air. Salah satu gangguan kesehatan yang cukup memberangus indra pengecap adalah pahitnya mulut ini. Senikmat, semahal dan setenar apa pun makanan di depan kita, kalau lidah telah dijerat oleh kepahitan, semuanya itu memuakkan sehingga nafsu makan turun. Akan tetapi sesederhana apa pun makanan di depan kita, kalau lidah berselera dan dinikmati dengan rasa syukur, sungguh cita rasanya menenangkan jiwa. Oleh karena itu, jaga asupan air putih sehari-hari (minimal dua liter), lebih seringlah menelan ludah sendiri dan segera sembuhkan penyakit akut atau kronis yang sedang di derita. Niscaya mulut pahit segera berlalu sehingga semangat untuk kembali makan secukupnya (tidak lebay ya).

Salam, Bila mulut sehat,
makan pun semangat.
Bila mulut sakit,
makannya dikit-dikit
!

2 replies »

    • Sama-sama. Idenya masuk akal juga sih teman….
      Terimakasih sarannya ya….
      Kami hanya menggores-goreskan sesuatu yang sama sekali tidak berarti dalam tulisan ini.
      Salam jumpa kembali…..

      Suka

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.