Kesehatan

+10 Kiat Mengatasi Garam Habis (Hilang – Tersembunyi); Pengganti Garam Dapur Yang Ada Di Sekitar Kita

Mengatasi Garam Habis (Hilang – Jauh – Tersembunyi); Pengganti Garam Dapur Yang Ada Di Sekitar Kita

Berjaga-jagalah sebab segala sesuatu di masa depan tidak bisa diprediksi

Peristiwa bukanlah suatu peristiwa, jika kita tahu bagaimana kesudahan kisahnya. Orang yang mengetahui pola dari setiap peristiwa dan bagaimana kesudahannya hanya perancang dari semua kisah tersebut. Sama seperti kehidupan kita, tidak ada seorang pun yang tahu kedepannya akan bagaimana, demikianlah kita hanya memasrahkan kehidupan kepada Tuhan saja. Sebab masa depan masihlah rahasia belaka. Akan tetapi, ada satu pribadi yang telah memberi tahukan kepada kita akan seperti apa masa depan itu, yakni Tuhan Yesus Kristus. Dia telah mengatakannya maka demikianlah gambaran kehidupan kita kedepannya. Oleh karena itu, berjaga-jagalah, berbagai peristiwa penting, mendesak dan menyesakkan akan menghampiri tiap-tiap orang. Apakah kita sudah siap jiwa-raga untuk menyambut semua kisah tersebut?

Ada banyak kisah nyata tetapi manusia suka sandiwara

Cerita kehidupan memang begitu banyak, baik dari segi jumlah mau pun berdasarkan jenisnya. Di sekitar kita memang berlangsung kejadian nyata tetapi terkesan biasa saja karena “apa yang kita alami, juga dialami oleh orang lain.” Hanya saja perbedaannya terletak pada bentuk dan besar-kecilnya persoalan tersebut. Di sisi lain, kejadian yang dikarang-karang dalam sandiwara kehidupan, justru lebih banyak lagi. Mungkin bisa mencapai jutaan hingga miliaran kisah. Dari semua kejadian yang pernah kita alami sendiri mau pun yang sekedar dibaca atau ditonton, memberikan banyak pemahaman baru yang dapat menambah wawasan kita seputar kehidupan. Harap diingat juga bahwa dalam semua kisah tersebut ada sisi positif dan sisi negatifnya. Jadi pandai-pandailah menyaring dan memilah-milahnya.

Ada banyak karya seni yang bisa menginspirasikan anda, bukankah itu sangat dekat?

Ada kejadian yang mengkisahkan hal-hal yang biasa dan ada pula kisah tentang hal-hal fantasi. Sekali pun demikian, semuanya masuk akal saja. Perumpamaan yang berupa fantasi biasanya tidak seluruhnya khayalan. Justru ada banyak cerita sehari-hari yang mengisi kisahnya. Bagian imajinatifnya hanya sepotong-sepotong, entah itu di awal, tengah dan akhirnya saja. Semua peristiwa membawa pemahaman yang baik saat kita jeli menyeleksi setip kisahnya. Gunakanlah standar kehidupan yang dimiliki sebagai tolak ukur untuk menilai suatu peristiwa. Agar kita benar-benar paham, mana sifat-sifat yang tidak boleh ditiru dan mana yang boleh diadaptasikan dalam kehidupan sehari-hari. Menyaksikan sebuah perumpamaan atau ilustrasi atau drama atau film sama saja dengan menyaksikan pertarungan antara kerajaan sorga dengan kerajaan neraka.

Saat yang penting hilang, kepala bisa pusing

Salah satu kejadian paling aneh yang pernah kami alami adalah hilangnya garam dari kehidupan sehari-hari. Entah kemana perginya dan sekali pun kami menemukannya, yang ada hanyalah sodium yang sudah dibubuhi racun. Keadaan ini jelas membuat hidup terguncang dan hampir-hampir kehilangan kendali. Tetapi, di tengah-tengah keluh kesah yang dihaturkan dengan lebay kami kehilangan ketenangan hati. Justru, sungut-sungut yang kami umbar tambah menggelisahkan ketimbang perkara awalnya (natrium yang disembunyikan). Sejak saat itu, kami memilih untuk mengedepankan keikhlasan, merelakan hal tersebut sembari memuji-muji Tuhan di dalam hati. Kami mulai menggali pengetahuan sendiri agar menemukan sesuatu sebagai pengganti sodium yang telah hilang dari peredaran.

Cara  mengatasi saat natrium lenyap/ tersembunyi/ jauh/ hilang/ habis – pengganti sodium terbaik

Secara alamiah, “garam tidak akan pernah habis sampai kapan pun.” Selama air terus bergerak, berubah bentuk, naik dan turun dalam mode siklus yang berputar sempuna secara terus-menerus, selama itu pula mineral tidak akan pernah habis. Akan tetapi, dalam beberapa perkara konspirasi yang melibatkan banyak orang, anda akan diperhadapkan pada mudah hilangnya sesuatu dari dalam rumah bahkan sekali pun anda mencarinya ke toko-toko terdekat. Bahkan sekali pun sudah dapat, yang diperoleh hanyalah bubuk kristal putih yang saat telah mengalami sabotase sehingga dikonsumsi, serangan jantung mendadak bisa saja muncul. Akan tetapi, orang yang pandai memanajemen kehidupannya dengan menggali pengalaman dan pengetahuannya akan dimampukan untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk. Oleh karena itu, langsung saja kita bahas tentang kiat mengatasi persoalan hilangnya sodium dari sekitar kita.

  1. Tetap tenang sebab tidak ada masalah tanpa solusi.

    Tidak ada yang bisa kami ugkapkan lebih lanjut tentang pergumulan hidup yang benar-benar unik ini. Jika anda ingin menemukan jalan keluarnya, silahkan bebaskan pikiran dari hal yang buruk-buruk dengan senantiasa fokus kepada Allah. Semakin susah hati memikirkan masalah maka semakin besar kerusakan yang kita alami akibat perkara tersebut. Atau bisa dikatakan “yang dihadapi soal-soal sepele tetapi akibatnya malah sangat memperburuk kehidupan sehari-hari.”

    Jauhi sikap bersungut-sungut, berdebat tak karu-karuan, menyalahkan orang dan memaksa mereka untuk segera mengabulkan apa yang kita kehendaki. Dalam keluh kesah yang tidak jelas, kata-kata semakin ngelantur dan perbuatan mulai menyimpang. Daripada ditawan oleh rasa kesal se tajam silet lebih baik bernyanyi memuji-muji Tuhan di dalam hati, membaca firman-Nya dan berdoa mengantarkan pergumulan tersebut ke hadapan-Nya.

    Selalu sadari bahwa setiap masalah selalu memiliki jalan keluar. Tuhan memberikan apa yang menjadi tantangan kehidupan sekaligus dengan penyelesaiannya. Hanya yang diminta-Nya, kita tidak fokus pada kekuatiran yang melemahkan hati dan melenyapkan semangat. Akan tetapi, bersemangatlah sebab kerajaan sorga sudah dekat! Sedikit waktu lagi maka anda akan melihat perbuatan Allah yang maha besar menyentuh, menginsiprasikan dan mengubahkan hari-hari yang dijalani. “Tuhan adalah ahli yang mampu mengubah petaka menjadi pahala.” Bersabar sambil sibukkan terus diri dengan aktivitas positif, menunggu momen yang mendatangkan sukacita itu menghampiri kita pribadi lepas pribadi.

    Pengganti garam dari bahan alami.

  2. Air putih jernih.

    Saat kita rutin mengonsumsi air garam manis, semuanya sehat-sehat saja bahkan sekali pun air yang dikonsumsi sangat sedikit, kelihatannya lancar-lancar saja. Akan tetapi, begitu asupan natrium berhenti, jantung lebih mudah mengalami deg-degan yang menimbulkan kegelisahan baru yang memilukan hati. Jantung aritmia akan menjadi pengganggu aktivitas kita sehingga kurang mampu melakukan banyak hal. Saat aktivitas berat sedikit, irama jantung malah kembali tidak stabil berdetak kencang dan normal kembali saat kita beristirahat.

    Penyakit jantung jelas merupakan momok yang memilukan, bahkan saat makan pun, detak yang tak stabil itu kerap kali muncul. Sadarilah bahwa semua keadaan ini disebabkan oleh karena kebiasaan lupa mengonsumsi air putih. Tubuh manusia sebagai organisme hidup memiliki kira-kira 70% air sehingga sudah sewajarnya untuk memenuhi kebutuhan tersebut dengan meminum air sedikit-sedikit tapi lebih sering (dua-tiga teguk sekali minum tetapi dilakukan dengan tekun). Ingat, kebutuhan air untuk orang dewasa minimal dua liter perhari.

    Agar lebih mudah mengingat aktivitas minum air, letakkan gelas di samping meja kerja atau tempat bersantai atau tempat tidur anda. Buatlah pengingat yang secara terjadwal membunyikan alarm-nya tiap-tiap hari untuk mengingatkan anda agar tidak lupa minum air. Buatlah gambar air di walpaper desktop perangkat multimedia yang dimiliki (gadget, laptop, komputer). Bila perlu minta bantuan rekan satu rumah agar selalu diingatkan tentang aktivitas tersebut.

  3. Buah dan sayur.

    Ketahuilah bahwa senyawa garam juga terdapat banyak dalam buah-buahan dan sayuran yang dikonsumsi. Pertahankan minat selalu tinggi akan makanan jenis ini walau harus diakui bahwa terkadang rasanya kurang nikmat atau hambar (khususnya sayur-mayur). Mengonsumsi buah justru menjadi aktivitas yang tidak bisa ditolak oleh siapa pun karena rasanya yang manis nikmat.

    Sayang, semakin khas suatu buah-buahan maka semakin tinggi pula harga jualnya. Anda yang kantongnya standar/ mahasiswa mungkin bisa membeli yang lebih murah seperti jeruk nipis atau jeruk varietas lainnya. Rasanya yang asam bisa dinetralkan dengan menambahkan air dan gula secukupnya. Ini pun menjadi sumber mineral (natrium) yang baik bagi tubuh.

  4. Herbal ajaib.

    Bawang putih, bawang merah dan jahe adalah bumbu dapur yang dapat kita temukan dimana-mana. Anda bisa mengonsumsinya sebagai pengganti garam, entah itu secara mentah mau pun dengan mengikutkannya dengan makanan yang dimasak. Kami biasa mengonsumsinya mentah: satu siung bawang putih, dua-tiga siung bawan merah dan sebesar ibu jari jahe. Mineral yang satu ini sangat mendukung kesehatan kita. Untuk masalah bau badan yang kerap dikeluhkan banyak orang, atasilah dengan cara sedikit-sedikit tapi tekun mengonsumsi air. Saat jumlah air yang dikonsumsi adekuat niscaya toilet terbalik di tubuh ini tidak akan berbau busuk lagi.

  5. Ikan asin.

    Sering makan ikan asin membuat orang desa lebih panjang umur dari orang kota. Memang rasanya terkesan di bawah standar namun sehat-kuatnya tubuh tetap awet dibuatnya. Hanya saja kembali lagi pada konsumsi air sambil makan lauk ikan asin. Kemampuan terpenting dari air saat kita makan adalah mengencerkan sesuatu agar tidak terlalu pekat yang berbahaya bagi organ dalam tubuh (khususnya jantung dan ginjal).

    Pengganti natrium buatan pabrikan.

  6. Kecap asin mau pun manis.

    Jangan terlalu takut saat ada orang jahil sembunyikan garam dari hadapan anda. Di sekitar kita ada berbagai pengganti yang kaya akan mineral ini bahkan dibuat dengan komposisi natrium tinggi. Adalah kecap yang sebagian mengandung sodium yang dapat kita manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan mineral tubuh. Tambahkanlah kecap pada makanan secukupnya agar rasanya lebih sedap gurih. Kembali lagi pada konsumsi air sambil makan, satu-dua gelas itu sudah cukup. Semata-mata demi mengencerkan mineral yang diserap di dalam organ pencernaan.

  7. Roti yang mengandung sodium tinggi.

    Apa saja roti yang mengandung sodium tinggi? Sebenarnya ada banyak, beberapa yang kami tahu adalah “saltchees, khong guan kraker tanpa gula, hatari kraker tanpa gula” dan lain sebagainya. Pada dasarnya, semua roti yang ada telah ditambahkan garam secukupnya, hanya saja jenis di atas lebih banyak mengandung natrium. Kalau tidak percaya silahkan bandingkan sendiri pada kemasannya tentang “Informasi Nilai Gizi.” Jumlah dan persentasinya akan terbaca tinggi sehingga saat dikonsumsi, sebaiknya sambil meminum air. Lagi-lagi, ini kembali kepada proses pengenceran agar natrium kadar tinggi tidak sampai mengganggu kerja jantung.

  8. Aneka minuman dalam botol.

    Saat ada waktu luang, coba datang ke warung/ pasar lalu lihat kemasan beberapa botol minuman. Perhatikan label “Informasi Nilai Gizi” lalu bandingkan antara merek yang satu dengan merek yang lain. Silahkan belilah minuman yang menurut informasi, memiliki kadar natrium paling tinggi. Konsumsilah minuman tersebut sebanyak dua sampai tiga kali per hari untuk memenuhi kebutuhan garam harian. Kami berdoa, semoga di sekitar anda ada warung sekali pun sedang bermukim atau berkunjung di daerah terpencil sehingga bisa membeli minuman bersodium tinggi kapan saja.

  9. Aneka minuman dalam sashet.

    Ada banyak sekali minuman dalam sashet yang beredar di pasaran. Mulai dari yang bertemakan kopi, susu, jahe, jamu dan lain sebagainya. Perhatikanlah bungkusannya lalu lihat informasi nilai gizi atau komposisinya. Pasti ada kandungan natrium di dalamnya. Jadi, minuman instan jenis ini juga bisa menggantikan kebutuhan garam yang kebetulan belum ada/ tidak terpenuhi karena alasan pribadi.

    Hanya saja harap diperhatikan untuk mengonsumsi lebih banyak air putih untuk membersihkan sisa/ residu kimiawi yang bisa saja menumpuk di dalam tubuh. Sebab perusahaan manufaktur mana pun tidak bisa menghindari dirinya untuk tidak menggunakan bahan kimia yang biasanya memperlancar dan memantapkan proses produksi.

    Pengganti natrium sebagai sumber energi.

  10. Gula pasir.

    Saat kita tidak mengonsumsi natrium karena kebetulan sudah habis atau lupa membelinya. Padahal warung terdekat sangatlah jauh dari tempat yang tinggali saat ini. Keadaan ini, satu-dua hari terjadi, tidaklah masalah. Akan tetapi, bila kondisi amineral ini terus berlanjut dari waktu ke waktu, bisa dipastikan bahwa tubuh akan cepat sekali menggigil saat malam telah tiba. Bahkan di siang hari saat cuaca mendung turun hujan saja, rasa dingin itu bisa merasuk ke tulang-tulang. Oleh karena itu, kita dapat mengonsumsi air putih yang ditambahkan dengan gula secukupnya. Jangan terlalu manis melainkan cukup sampai berasa ada manis-manisnya saja (agak manis tetapi rasanya tidak terlalu terang).

  11. Mengkonsumsi makanan.

    Kondisi tubuh yang amineral membuat kita sangat bergantung pada mineral yang diekstrak langsung dari makanan yang dikonsumsi. Hanya saja jumlah garam yang diperoleh terbatas. Untuk mengantisipasi hal ini, kita harus lebih sering makan agar kebutuhan garam tetap terpenuhi setiap waktu, hanya jumlah asupannya perlu dikurangi. Sebab pada dasarnya, setiap bahan pangan pasti dihasilkan dengan menambahkan sodium. Misalnya saja, saat menanam sesuatu, pupuknya adalah sodium dan hujan yang membasahinya pun mengandung natrium.

  12. Berjemur di bawah sinar matahari.

    Kondisi tubuh yang sedang mengalami amineral, membuat kita lebih cepat menggigil saat suhu udara menurun. Bagi mereka yang tidak dalam jadwal aktivitas yang padat, berselimut tebal diranjang adalah pilihan terbaik. Akan tetapi, bagi orang dengan aktivitas tinggi bahkan di malam hari pun tetap bekerja maka kondisi tubuh yang amineral ini akan membuat dinas malam tidak maksimal. Besar rasa ngantuk yang muncul akibat dinginnya tulang-tulang dan kerja pun tidak bisa konsentrasi mudah buyar. Oleh karena itu, kami sarankan untuk mengonsumsi air gula atau ngemil untuk membuat kita tetap sadar dan fokus bekerja.

    Berjemur di bawah matahari terik pada siang atau sore hari dapat menjadi alternatif untuk menyimpan energi di dalam tubuh. Saat kita berjemur di bawah mentari maka sel-sel akan menyimpan energi tersebut bahkan tulang pun akan menyimpan panas tersebut yang akan bertahan di malam hari sampai esok pagi tiba. Kebiasaaan berjemur ini memang tidak serta merta menyelesaikan masalah kurangnya mineral tubuh yang berdampak pada suhu badan yang cenderung tidak bisa dipertahankan ketika cuaca dingin. Akan tetapi setidak-tidaknya meringankannya.

  13. Mengemil di saat badan mulai mendingin.

    Badan menggigil bisa disebabkan banyak hal, salah satunya karena rangkaian proses infeksi. Akan tetapi, badan dingin menggigil yang kami maksud di sini lebih banyak disebabkan oleh cuaca dengan suhu udara lebih rendah. Ini bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Saat hal tersebut berlangsung, silahkan ngemil minuman dan makanan seperti yang kami sebutkan di atas. Entah itu minuman dalam sashet, botol mau pun yang dibuat sendiri (air gula tok). Membeli beberapa roti atau snack lainnya yang bernatrium tinggi. Hanya saja perhatikan batas-batasnya dan jangan berlebihan. Ingatlah, “dimana ada cemilan di situ ada air,” konsumsilah semuanya itu sambil meminum air putih yang memadai agar segala sisanya tidak meninggalkan residu yang bisa berpotensi menyebabkan gagguan kesehatan.

  14. Tetap beraktivitas.

    Ikan di dalam air tetap bisa mempertahankan suhu tubuhnya sekali pun suhu air turun drastis saat malam tiba karena siripnya terus bergerak (sekali pun tubuhnya dalam keadaan statis). Gerakan sirip yang konstan membuat darah tetap mengalir dengan lancar sehingga tubuhnya tetap mampu mempertahankan suhu pada angka tertentu.

    Aktivitas yang kita lakukan membuat peredaran darah lancar sehingga tubuh tetap hangat. Sekali pun udara dingin namun bila aktivitas kita membuat otot, sendi dan tulang bergerak-gerak, niscaya rasa dingin itu akan berlalu. Asal saja tidak sedang puasa (asupan makanan mencukupi), saat udara dingin pun hal tersebut tidak dapat membatasi kita sebab tubuh terus aktif dan tetap hangat dari waktu ke waktu.

    Terbiasalah tetap sibuk sekalipun cuaca mendingin. Sebab dimana ada kesibukan positif di situ ada kehangatan.

    Saat kesibukan kita berhubungan dengan aktivitas di belakang meja, berupayalah untuk tidak duduk terus-menerus. Melainkan bergerak-geraklah agar aliran darah selalu lancar. Bisa juga dengan melakukan variasi, bekerja sambil duduk, bekerja sambil jongkok dan bekerja sambil berdiri. Semuanya ini demi membuat tubuh tidak kaku dan peredaran darah lancar membuat hangat.

Garam bisa saja hilang dari lingkungan sekitar kita tetapi ide-ide menarik untuk menggantikannya terus saja bermunculan. Sebab pada dasarnya semua makanan dan minuman yang kita konsumsi mengandung natrium dalam kadar rendah. Hadapilah segala sesuatu dengan kepala dingin, kedepankan kebiasaan untuk bertahan dan lanjutkanlah aktivitas positif (fokus Tuhan, belajar, bekerja) yang dilakukan dari waktu ke waktu. Tidak ada masalah yang terlalu sulit untuk diselesaikan hanya saja yang sering menjadi masalah adalah “maukah kita menunggu sampai Tuhan menginspirasikan solusinya?” Jadikan persoalanmu sebagai inspirasi untuk berbuat baik, jangan justru memenuhinya dengan kata-kata kecewa penuh penyesalan. Melainkan kuatkan dan teguhkanlah hatimu sebab kerajaan sorga sudah dekat!

Salam, Natrium selalu ada,
Hanya kadang tiada,
Menunggu tiada petaka,
Menguji hati percaya,
Inspirasi Tuhan menjadi nyata
!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.