Konflik Batin

Menciptakan Dunia Sendiri – Apa Pun Yang Kami Tuliskan, Terkadang Itu Hanya Imajinasi Yang Tidak Ada Hubungannya Dengan Kenyataan Walau Mendekati Kebenaran

Pikiran bisa mengimajinasikan apa saja yang anda kehendaki. Pahami pola-pola logis kehidupan lalu ciptakan dunia versimu sendiri untuk dijadikan lahan parkir berkarya.

Saat sedang istirahat tetaplah beraktivitas positif

Waktu luang dan kepintaran adalah sahabat sejoli yang bisa menghancurkan hidup kita tetapi dapat pula membangunnya dengan seksama. Bagaikan pedang bermata dua yang beresiko melukai diri sendiri atau malah membantu kita melawan kedagingan yang bersarang di dalam hati. Kekuatan ini bisa mendatangkan keuntungan dan dapat pula mendatangkan kerugiaan, entah itu hanya berpengaruh terhadap diri sendiri mau pun terhadap orang lain juga. Bisa dikatakan bahwa “orang yang cerdas mengatur kecerdasannya akan menjadikannya sebagai alat untuk membangun diri sendiri dan sedapat-dapatnya berbuat baik kepada sesama.”

Tidak ada cerita tanpa kejahatan, tidak ada kisah positif tanpa mengumbar hal-hal negatif

Kemana arah fokus pikiran kita, ke sanalah hidup kita tertuju. Memang jelaslah bahwa positif-negatifnya setiap ide-ide yang kita berikan berhubungan erat dengan buku panduan yang dimiliki. Kami sendiri yang memegang buku panduan “Kitab Suci” di tangan menjadi serupa dengannya: membangun cerita antara kehidupan positif melawan kehidupan negatif. Kita tidak bisa menceritakan apa-apa tanpa mengikutkan kejahatan. Sama seperti Alkitab yang mengandung unsur kebenaran yang senantiasa berlawanan dengan kejahatan sehingga terbentuklah kisah yang tidak hanya menarik untuk dibaca melainkan pantas untuk dipelajari dan dipahami.

Seorang seniman sejati mampu menampilkan sisi negatif kehidupan dari sudut pandang yang wajar dan tidak berpotensi untuk ditirukan melainkan untuk dijauhi.

Kata-kata bijak

Pembagian dunia yang dihadapi manusia dalam Alkitab

Dari yang kami pahami, ada tiga dunia yang diceritakan di dalam Kitab Suci, yaitu dunia dimana orang-orang tidak memiliki pemimpin, dunia dimana orang-orang memiliki pemimpin dan dunia dimana setiap orang adalah pemimpin. Dunia tanpa pemimpin yang ditunjuk secara khusus, seperti pada zaman Adam dan Hawa, Nuh, Abraham, Musa, Yosua, dan hakim-hakim lainnya. Pula ada dunia yang memiliki pemimpin, yaitu pada zaman Saul, Daud, Salomo dan raja-raja Israel lainnya. Sedang yang terakhir adalah dunia dimana semua orang adalah pemimpin bagi dirinya sendiri (Galatia 2:4), yaitu di zaman Tuhan Yesus Kristus. Perbedaan antara ketiga dunia inilah yang secara terus-menerus dibahas di dalam Alkitab.

(Galatia  2:4) Memang ada desakan dari saudara-saudara palsu yang menyusup masuk, yaitu mereka yang menyelundup ke dalam untuk menghadang kebebasan kita yang kita miliki di dalam Kristus Yesus, supaya dengan jalan itu mereka dapat memperhambakan kita.

Sumber: Alkitab

Apa yang kami buat dalam cerita ini adalah Indonesia versi sendiri dari sudut pandang personal

Belajar dari dunia yang dikisahkan oleh Alkitab maka kami pun menciptakan dunia versi sendiri menurut apa yang dapat dipahami sendiri. Ini sangat berguna untuk memanfaatkan waktu luang sehingga tidak terbuang sia-sia apalagi sampai menimbulkan kerusakan kecil sampai besar terhadap diri sendiri maupun orang lain. Memang harus kami akui bahwa terkadang cerita yang kami bawakan dikait-kaitkan dengan kehidupan di dunia nyata. Entah itu kehidupan sehari-hari, kehidupan sesama, lingkungan sekitar maupun kehidupan di Indonesia pada umumnya. Bahkan dalam beberapa segmen kami berkisah tentang dunia ini dan alam semesta. Sadarilah bahwa semuanya itu hanyalah cerita dengan sudut pandang pribadi dan taburan imajinasi yang bisa saja tidak berhubungan dengan kenyataan di lapangan.

Berhati-hatilah terhadap paragraf tidur

Berhati-hatilah membaca tulisan yang diterbitkan di blog ini. Sebab mungkin saja saat menuliskannya kami sedang ngeyel memikirkan situasi entah berantah lalu menyusunnya dalam kata-kata indah.  Sadarilah bahwa itu adalah kemampuan memanipulasi orang lain lewat kisah-kisah yang dilantunkan dengan syahdu. Kami harus mengatakan bahwa mungkin ada-ada saja cerita tidur yang kami tuliskan. Mengapa kami menyebutkan sebagai cerita tidur? Karena saat hal tersebut dituliskan, keadaan kami setengah sadar menolak keinginan untuk tidur. Beberapa artikel yang kami buat ditulis dalam keadaan ngantuk berat. Akibatnya, terkadang kisah yang diceritakan tidak netral dan syarat dengan kesombongan dan iri hati dalam skala tertentu.

Tulisan tidur atau paragraf tidur adalah kisah yang dituliskan dalam keadaan setengah sadar karena menolak keinginan untuk tidur. Isinya kemungkinan besar berisi tentang gagasan yang penuh dengan kedagingan dan minim nilai-nilai yang benar

Gagasan peristiwa

Mulailah rajin membuat cerita tentang mimpi mu yang dilihat dari sudut pandang positif

Sebaliknya, kami mengajak teman-teman sekalian yang memiliki sangat banyak waktu luang di rumah untuk memanfaatkannya dengan berkarya menciptakan dunia sendiri. Anda bisa bercerita tentang apa saja tentang kehidupan di suatu wilayah dalam mimpi sendiri. Kemudian mengembangkannya dalam gaya bahasa dan sudut pandang versi sendiri. Menggambarkan keadaan lingkungan sekitarnya dan melukiskan situasi yang dihadapi oleh tokoh tertentu. Kemudian memberikan beberapa bumbu perselisihan untuk kemudian ditanggapi sampai pecah menjadi pertengkaran hingga peperangan. Lalu dengan teknik khusus yang cerdik memberikan anti klimaks untuk meredakan konflik dan mengakhiri kisah tersebut dengan sukacita.

Buatlah dunia versimu sendiri yang dihasilkan dari proses berpikir yang keluar dari kenyataan walau masih ada hubungannya dengan dunia nyata

Ketahuilah bahwa kebanyakan orang cerdas di seluruh dunia mampu menciptakan dunianya sendiri. Perhatikan saja televisi yang anda miliki di rumah, semua kisah yang diceritakan di dalamnya adalah hasil mengarang bebas yang terpimpin. Sesungguhnya setiap gerakan dan sikap yang mereka ekspresikan dapat digubah dalam bentuk kata-kata yang dirangkai dalam ketidakteraturan sehingga indah dibaca setiap penikmatnya. Mulailah belajar membuat cerita sendiri berdasarkan kisah yang anda amati di sekitar, entah itu yang dialami sendiri maupun yang dialami orang lain. Buatlah kisah tersebut dengan taburan imajinasi tetapi tetap disajikan sebagai suatu kisah yang logis bagi setiap yang membacanya.

Orang luar negeri berimajinasi namun tetap logis dan manusiawi

Jika kita mengarahkan pandangan ke luar negeri maka akan menemukan bahwa tingkat imajinasinya telah melebihi batas-batas kewajaran tetapi tetap saja masuk akal. Misalnya saja tentang kehidupan hewan yang bisa berbicara atau cara-cara mereka yang lucu dan unik dalam menghadapi situasi yang rumit. Mungkin juga kisahnya tentang hewan yang telah berevolusi menjadi manusiawi, memiliki sistem sosialnya sendiri dan musuhnya pun terkesan manusiawi. Ada lagi cerita tentang orang-orang dengan kekuatan super canggih yang selalu memiliki musuh yang juga harus super canggih. Dalam cerita ini terdapat keseimbangan dimana di awal-awal kekuatan penjahat melebihi siapa pun namun orang yang benar selalu terlambat dalam hal belajar.

Buatlah cerita yang membuat hati berpoco-poco

Ada pola-pola kehidupan yang termuat dalam setiap kisah yang diceritakan oleh seorang atau sekelompok orang seniman. Pola kehidupan inilah yang berusaha dipertahankan olehnya dengan sedikit melebih-lebihkan sehingga terjadilah klimaks yang menggemparkan. Lalu akan diselesaikan dengan anti klimaks yang mengharukan. Intinya, orang-orang tersebut tahu apa-apa saja kejadian yang membuat manusia marah (kesal), bersedih (berduka) dan senang (bersuka). Mereka akan menyusun kisahnya sedemikian rupa yang mencampur adukkan semua rasa yang ada sehingga jadilah karya seni yang enak untuk dibaca berulang-ulang. Kelihaian membuat cerita yang mampu mengobok-obok perasaan pembaca sehingga menjadi air es teh yang nikmat membuat seorang seniman bagaikan gula yang selalu dihinggapi semut.

Multi kapitalisme adalah lahan konflik yang sangat bagus untuk diceritakan

Dari semua kisah tentang konflik, rata-rata lebih mudah diambil dalam zaman multi kapitalisme. Sebab dimana ada orang-orang yang merasa dirinya kuat akan beramai-ramai memperebutkan sesuatu, itulah yang dibahas dalam setiap kisah yang akan dibuat. Manusia yang diceritakan akan berada dalam situasi yang pelik akibat tekanan tertentu, terjadi secara bertubi-tubi dan selesai oleh pola-pola sederhana yang biasa dilakukan tokoh, tergambar di awal cerita. Serumit apa pun suatu konflik yang dialami tokoh pastilah terdapat sisi masuk akalnya. Sebab jika semuanya imajinasi maka orang yang membacanya pun akan berasa ngambang menikmatinya. Akan tetapi, komposisi yang tepat antara realita kehidupan dengan taburan khayalan tingkat tinggi dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi pembaca.

Keindahan lainnya yang serasa bagus di indra di zaman multi kapitalisme adalah kemewahan gedung dan kemegahan pakaiannya. Bagi mereka yang masih terjebak dalm pola-pola ini pasti akan sangat tertarik melihat kehidupan orang-orang yang serba glamour. Sayang, saat bercerita hal tersebut hanya dapat dilantunkan dalam kata-kata yang belum maksimal untuk digambarkan kepada pembaca. Akan tetapi, karya seni dalam bentuk audio visual sangat bagus menceriterakannya. Sisi kemewahan menjadi daya tarik para seniman karena warna-warni dan bentuknya yang mempesona indra. Itulah mengapa hal ini tidak bisa dijauhkan dari seni karena daya pikat panca indra nyata. Walau pun bila kita perhatikan dengan seksama, kehidupan para pembuatnya tidak demikian melainkan lebih sederhana.

Menciptakan Dunia Sendiri – Apa Pun Yang Kami Tuliskan, Terkadang Itu Hanya Imajinasi Yang Tidak Ada Hubungannya Dengan Kenyataan Walau Mendekati Kebenaran

Saringlah segala sesuatu karena beberapa kisah kami adalah khayalan yang dihubungkan dengan seksama pada kebenaran firman Tuhan

Gagasan dalam Kitab Suci kerap kali digubah dalam bentuk lain. Cerita yang dimuat di dalamnya bisa diubah menjadi suatu kisah yang sepola walau konteksnya tidak sama. Itulah yang kami lakukan pada blog ini, memakai berbagai pola yang terdapat di dalam Alkitab untuk dijadikan kisah sendiri. Menggunakan kata-kata multi kapitalisme yang ditimbulkan oleh banyaknya kekuasaan besar yang bertebaran sehingga mudah terpercik oleh api emosi yang menghanguskan kemanusiawiaan. Harus kami akui bahwa rata-rata kisah yang diceritakan tersebut hanya terjadi di dalam pikiran ini yang belum tentu ditemukan di dalam dunia nyata. Jika para pembaca sekalian menemukan sesuatu yang mirip-mirip dengan kenyataan, itu tandanya anda beruntung. Akan tetapi, jika pare pembaca mulai menemukan kekurangan dan rekayasa, sadarilah bahwa tidak ada karya yang selalu sempurna. Di saat seperti inilah daya selektivitas masing-masing orang diuji.

Tidak semuanya yang terdapat di dalam blog ini adalah kenyataan. Ada beberapa kisah yang diimajinasikan namun belum benar-benar terjadi di dunia nyata. Jadi jangan mudah tersulut emosi oleh berbagai tulisan yang ada karena kami bukan pewarta berita ter-update. Simaklah baik-baik dan ambil makna positifnya saja sedang yang buruk-buruknya  biarkan jadi sampah di dunia maya.

Gagasan peristiwa

Kebanyakan dari imajinasi yang kami lakukan dalam blog ini adalah tipe persatuan. Artinya segala sesuatu terhubung dan bisa dihubung-hubungkan. Kejadian kecil menceritakan kejadian besar dan sebaliknya. Berimajinasi membayangkan sesuatu adalah sesuatu yang lain yang sekali pun berbeda bentuknya/ jenisnya namun masih sepola, adalah salah satu cara untuk bercerita.

Gagasan peristiwa

Kesimpulan

Menciptakan dunia sendiri adalah membuat kehidupan yang lain selain dari kenyataan yang dihadapi sehari-hari yang disusun dalam suatu karya seni. Biasanya aktivitas ini ditujukan untuk menghasilkan karya tertentu baik dalam bentuk tulisan, gambar, balok, audio, video, audio-visual dan seni rupa lainnya.

Defenisi

Waktu luang dan kecerdasan adalah pasangan serasi yang berpotensi membuat hidup malah diarahkan untuk menikmati dan melakukan hal-hal yang buruk. Atau kita bisa mengenali kejelekan tersebut, membayangkan peristiwa kompleksnya lalu mengurainya dalam bentuk kata-kata yang garing untuk dibaca. Kemampuan untuk bercerita semacam ini adalah sebuah bakat yang tidak boleh disia-siakan. Anda dapat merangkainya dalam berbagai konteks cerita yang dihubung-hubungkan pada pola kehidupan logis yang dialami oleh hampir setiap manusia. Bumbui kenyataan dengan sedikit imajinasi agar kisah tersebut berkelok-kelok membentuk gambaran yang enak untuk diselidiki. Berkaryalah dengan menciptakan dunia sendiri yang menunjukkan perilaku manusiawi walau syarat fantasi namun tetap berhubungan erat dengan nilai-nilai kebenaran hakiki.

Salam, Ciptakan dunia sendiri,
Buat cerita sosial versi pribadi.
Yang menimbulkan kontroversi.
Diselesaikan oleh kebenaran hakiki
!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.