Kesehatan

+10 Manfaat Ludah, Menelan Air Liur Sendiri Adalah Baik

Ludah adalah hal penting yang mudah terabaikan. Perkaya air liur anda dengan mengonsumsi air putih sedikit-sedikit tetapi lebih tekun.

Akulah embun yang selalu ada di setiap lidah daun tetapi bukan hanya pada pagi hari, siapakah aku?

Teka-teki

Jilat ludahmu tetapi hindari pernyataan yang merendahkan sesama

Ada ungkapan yang mengatakan bahwa “menjilat ludah sendiri adalah perbuatan yang memalukan.” Pepatah ini tampaknya berarti bahwa perbuatan yang menunjukkan inkonsistensi sikap karena melanggar keputusan/ janji/ komitmen yang pernah dibuatnya. Seolah orang tersebut terseret dalam arus kehidupan yang entah-berantah sehingga membuatnya terjebak dalam halusinasi lalu melupakan perkataan yang pernah diikrarkannya. Tidak lama setelah itu, dirinya bertindak jauh bahkan bertolak belakang dengan komitmen janji yang pernah diumbarnya kepada orang lain. Sifat menarik kata-kata sendiri memang rasanya kurang pantas tetapi menelan ludah sendiri itu wajib.

Kami sendiri pun sering sekali menarik kembali pernyataan yang telah dibuat sendiri. Terlebih ketika hal tersebut ada hubungannya dengan sesatu yang bersifat telaah yang tidak disertai bukti melainkan hanya analogi belaka. Namun sepertinya bukan itu maksd dari pepatah ini, “tidak boleh menarik kata-kata sendiri.” Melainkan maksudnya adalah “orang yang dahulu pernah diejek ternyata dia mendatangkan pengaruh yang baik bagi kehidupan kita di masa depan.” Ejekan dahulu pernah terucap ceplas-ceplos padahal di hari esok kebermanfaatan yang didatangkan si kawan nyata, membuat kita rasa-rasanya kembali mengambil apa yang dahulu pernah dianggap sampah/ dibuang.

Penyakit diawali dari ketidakseimbangan

Tubuh kita diciptakan dengan cara yang seimbang dan mendukung satu sama lain. Saat kapasitas tubuh berat sebelah, dari situlah awal semua penyakit. Salah satu ketidakseimbangan itu adalah penyimpangan antara jumlah konsumsi dan aktivitas yang dilakukan. Ketidakseimbangan lainnya adalah jumlah asupan minuman dan makanan yang dikonsumsi dari waktu ke waktu. Yang lainnya gangguan asupan buah dan sayur yang tidak memadai. Di sisi satunya lagi, ada pula gangguan yang disebabkan oleh karena minimnya pengetahuan tentang garam dan masih banyak lagi, silahkan cari sendiri. Salah satu penyebab utama yang membuat hidup kita bermasalah karena terkesan boros adalah kebiasaan membuang ludah sendiri.

Keberadaan mulut sebagai organ multifungsi mengharuskan kita untuk memperhatikan kesehatannya. Aktivitasnya yang mumpuni turut membuat organ tersebut selalu dalam pengawasan sistem imun tubuh. Secara default, tiap-tiap manusia telah dianugerahkan kemampuan khusus untuk memelihara mulutnya tetap sehat, yaitu lewat air liur yang senantiasa menetesi permukaannya. Di sinilah kita berperan untuk menyebarkan ludah ke seluruh dinding mulut, gigi dan gusi. Sebab getah bening berbusa ini mengandung sel-sel imun yang tersuspensi di dalamnya. Bermanfaat untuk menetralkan keasaman permukaan dan menghambat pertumbuhan mikroorganisme yang berlebihan. Jadi, cara pertama dan utama untuk menjaga kesehatan mulut adalah dengan belajar membasahinya menggunakan ludah sendiri.

Pengertian

Air liur seperti embun yang tidak diketahui darimana datangnya tetapi tiba-tiba saja sudah ada di setiap lidah daun pada pagi hari. Demikianlah air liur sudah ada di dalam rongga mulut membasahi lidah tetapi kita tidak tahu kapan datangnya dan darimana asalnya. Cairan bening yang agak kental ini merupakan getah yang dihasilkan oleh kelenjar saliva dimana manfaat terbaiknya untuk memudahkan proses pecernaan makanan. Pada keadaan biasa kepadatannya masih sangat cair seperti air pada umumya. Akan tetapi, saat aktivitas makan dimulai, masa jenisnya akan lebih padat mengental. Miskinnya cairan saliva sangat ditentukan oleh jumlah cairan yang diminum setiap hari.

Manfaat ludah bahkan menelan air liur sendiri

Jumlah makanan yang dikonsumsi seharusnya lebih sedikit ketimbang jumlah air yang diminum. Sebab berdasarkan pola makan yang terilham lewat komposisi tubuh maka makanan padat jumlahnya ±30% sedang minuman yang cair berjumlah sampai ±70% dari total kebutuhan nutrisi sehari-hari. Ini menunjukkan bahwa air putih dibutuhkan lebih dari dua kali lipat dari jumlah makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Sudahkah anda memenuhi kebutuhan air sehari-hari secara memadai? Ketahuilah bahwa dari semua aktivitas konsumsi yang kita lakukan, meminum air adalah suatu kebiasaan baik yang sering sekali terlupakan. Oleh karena itu, buat target sendiri untuk mencapai kebutuhan air, 2 liter per hari, letakkan di dekat meja kerja tidak jauh dari jangkauan mata. Sebab banyak tidaknya ludah dipengaruhi oleh aktivitas minum.

Manfaat Ludah, Menelan Air Liur Sendiri Adalah Baik

1. Membantu proses bicara.

Sedikit mengimajinasikan, bagaimana caranya bisa bicara normal dengan mulut kering seperti batu? Pasti sangat banyak kata-kata yang fals tanpa tekanan dan penutup kurang jelas tedengar terkecuali teman itu bersuara dengan tenggorokannya. Peran air liur membuat suara menjadi lebih jelas sebab kelembaban menjaga aliran udara stabil di bawah kendali saat sedang berbicara.

2. Melembabkan permukaan organ cerna atas.

Pencernaan tidak pernah lepas dari makanan dan minuman. Tapi bukan dalam arti, kita bisa selalu melakukannya, setiap saat. Tindakan semacam ini malah mengganggu kesehatan tubuh. Yang pertama sekali terjadi jika terlalu sering mengonsumsi sesuatu adalah kehilangan rasa di indra. Makanan yang biasanya enak gurih menjadi terasa hambar karena dimakan tak henti-henti.  Permukaan rongga mulut yang selalu basah menjadikannya sebagai wadah yang bagus untuk mengawali proses pencernaan.

3. Membantu melumatkan makanan.

Air liur menyerap ke dalam setiap makanan yang dikonsumsi sehingga membantu melembutkan dan melumatkannya. Tentulah ini bukan saja didominasi oleh perannya sendiri melainkan oleh karena uluran tangan dari berbagai komponen di dalam rongga mulut, yakni lidah, gigi dan dinding mulut itu sendiri.

4. Membantu pemecahan pati menjadi glukosa.

Enzim pencernaan di dalam ludah terasa nyata perannya saat makanan semakin lama dikunyah. Makanan yang mungkin saja awalnya berasa tawar, semakin lama makin manis tercicipi lidah. Enzim amilase berperan mengubah amilum menjadi glukosa di dalam rongga mulut.

5. Mencegah gigi dan gusi mengalami kerusakan.

Kesehatan gigi tidak bisa kembali kalau strukturnya berlubang dan hampir rusak mau terlepas (tanggal). Ini karena gigi tidak dapat tumbuh untuk ketiga kalinya seperti halnya daging atau lemak. Oleh karena itu, alangkah lebih baik mencegah kerusakannya daripada mengobatinya. Menjaga kesehatan gigi merupakan tanggung jawab bersama anggota keluarga yang saling memperhatikan.

6. Menghilangkan sakit gigi.

Gigi berlubang akan menjadi suatu masalah kesehatan yang cukup merepotkan bagi kita. Saking terkenalnya, kata orang “sakit gigi adalah penyakit yang paling menyiksa setelah sakit hati.” Apakah ini fakta atau cuma kebetulan pengalaman penyair/ sepihak saja? Tapi, memang logis juga sih sebab saat kita sakit gigi, menikmati enaknya makanan malah tidak bisa lagi.

Kali ini jangan khawatir teman, sebab sesungguhnya Tuhan kita maha baik. Ia telah mengaruniakan pengobatan super gratis untuk mengurangi bahkan menghilangkan angka gigi sakit oleh berbagai faktor. Cukup dengan membasahi permukaan gigi dan gusi lebih sering. Manfaatkan lidah sebagai kain lap basah yang bisa dipakai kapan saja untuk membersihkan permukaan gigi. Sebab di dalamnya mengandung komponen imunologi yang dapat melisiskan dan menghambat aktivitas bakteri/ kuman mulut penyebab gigi busuk.

7. Menghilangkan rasa ngilu di gigi.

Rasa ngilu pada gigi merupakan salah satu bukti bahwa flora normal di dalam gigi sudah berubah drastis. Penyebab perubahan pH ini mungkin disebabkan oleh karena terlalu bersih dan bisa juga karena terlalu kotor. Akan tetapi, dengan bantuan air liur, pH permukaan gigi akan kembali dinetralkan: kandungan mikroorganisme jahat disingkirkan dan kelebihan diterjen (dari pasta gigi) akan dihilangkan. Oleh karena itu, lebih aktiflah membasahinya lewat sapuan lidah maupun lewat gerakan dinding otot rongga mulut.

8. Menjaga lidah tetap lembab, aktif dan sehat.

Air liur membantu lidah untuk mencicipi cita rasa makanan. Cairan ini juga kaya dengan komponen imunologis yang berperan untuk menyingkirkan bakteri jahat dari permukaan organ. Lidah yang bersih dan sehat akan dijauhkan dari berbagai penyakit termasuk dalam hal ini adalah mencegah kanker lidah.

9. Menetralkan racun tahap awal.

Ludah kaya dengan cairan elektrolit. Cairan yang kaya dengan garam isotonik semacam ini berperan penting untuk menetralkan berbagai racun yang dibawa lewat makanan yang dikonsumsi. Peran elektrolit  di dalamnya bermanfaat untuk membentuk ikatan stabil yang tidak berbahaya bagi tubuh.

10. Menghambat kegilaan mikroorganisme.

Bukan hanya hewan dan manusia saja yang mengalami kegilaan, mikroorganisme juga dapat menggila akibat kekurangan air dan elektrolit. Akan tetapi, beruntunglah kita karena di dalam tubuh ini pun terdapat cairan elektrolit yang selalu menetes dari waktu ke waktu. Rutin membasahi permukaan organ cerna atas merupakan salah satu cara menjaganya tetap sehat. Simak juga, Semua penyakit infeksi disebabkan oleh kegilaan.

11. Membantu terhindar dari tersedak.

Semakin lama mengunyah makanan, makin basah dan cair strukturnya. Struktur makanan yang setengah padat memudahkan proses menelan sehingga terhindari dari tersedak.

12. Membantu mengatasi batuk.

Batuk kebanyakan disebabkan oleh berbagai partikel mikro yang tersangkut di dalam tenggorokan atau katup kerongkongan. Saat anda rutin menelan ludah maka partikel asing tersebut akan dibersihkan dari permukaannya. Kebiasaan batuk atau bersin pun berangsur-angsur lenyap.

13. Membantu mengatasi kerongkongan terbakar.

Organ cerna atas memiliki pH netral tetapi bagian bawahnya kaya dengan larutan asam. Saat bagian bawah mengalami badai, ketinggian ombaknya bisa mencapai kerongkongan sehingga berasa panas seperti terbakar. Rasa semacam ini kadang juga bercampur perih akibat batuk. Sebenarnya ini tidak terjadi jikalau air liur senantiasa mengalir lancar. Tetapi pasokannya yang minim akibat kekurangan cairan bisa membuat alirannya terhabat atau terlalu sedikit. Berupayalah untuk menelan air ludah sesering mungkin untuk menetralkan kerongkongan agar rasa terbakar itu berlalu.

14. Menurunkan asam lambung.

Asam lambung yang tinggi bisa membuat perut terasa perih. Salah satu cara yang cukup mudah untuk meringankan keasaman ini dengan rutn menelan ludah sendiri sehingga perih itu pun berlalu.

15. Membantu mengatasi bau mulut.

Bau mulut yang disebabkan oleh aktivitas mikroorganisme yang berlebihan di dalam rongga mulut. Mungin masih ada beberapa penyebab lainnya tetapi khusus untuk bau tidak sedap yang disebabkan oleh aktivitas mikroorganisme. Biasanya dapat diatasi dengan cara senantiasa mengelap permukaan gigi dan gusi, lidah serta dinding mulut dengan membasahinya menggunakan air liur. Aktivitas bersih-bersih semacam ini dapat dibantu disapukan oleh lidah dan dinding otot mulut.  

16. Membuat waktu makan dan minum lebih fleksibel.

Bagi yang tidak mampu mengejar waktu makan yang sudah biasa, perut akan terasa sakit. Ini mungkin disebabkan karena HCl yang meningkat menurut pola kebiasaan tubuh. Jika peningkatan ini tidak ditanggapi dengan mengonsumsi sesuatu atau meminum air putih maka rasa perihnya semakin menjadi-jadi. Beruntunglah air liur selalu mengembun yang jika ditelan secara rutin akan menurunkan keasaman lambung. Jadi, kita bisa makan kapan saja dan jam berapa saja tanpa harus mengikuti kebiasaan tertentu.

17. Membuat puasa awet tahan lama.

Bagi yang aktivitasnya ringan (misal pekerja rumahan), tentu perlu menyesuaikannya dengan jumlah makanan yang dikonsumsi. Terlalu banyak atau terlalu sedikit malah tidak baik sebab kantuk bercampur malas akan kentara. Salah satu cara populer untuk mengurangi asupan makanan dengan mengurangi jumlah aktivitas di depan meja makan. Jika menurut anjuran kesehatan, makan tiga kali sehari maka ini bisa dikurangi dengan hanya melakukannya dua kali saja dalam sehari. Puasa semacam ini memang tidak mudah terlebih bagi seorang pemula. Tetapi dengan menelan ludah sendiri, berpuasa pun seperti sudah makan karena air liur kaya dengan garam non esensial yang dihasilkan oleh tubuh sendiri.

18. Mengurangi gejala penyakit jantung (jantung deg-degan).

Kerja jantung yang terlalu cepat dan tidak stabil ditimbulkan oleh kebiasaan buruk kurang minum bahkan lupa minm air. Dehidrasi akut dapat menyebabkan jantung deg-degan karena mengonsumsi sesuatu. Air liur membantu mengencerkan bahan konsumsi sehingga dapat ditransport dengan cukup baik oleh darah. Sayang ini hanya untuk sementara saja, yaitu rutin menelan ludah dapat meringankan jantung berdebar. Untuk kesembuhan yang permanen, silahkan konsumsi air putih minimal dua liter per hari. Jangan melakukannya sekaligus tetapi minumlah sedikit demi sedikit (2 – 3 teguk saja) tapi lebih sering dilakukan.

+19.Dan lain sebagainya, silahkan cari sendiri teman sebab komponen imunologis inisangan besar perannya untuk kesehatan gigi, mulut dan sistem pencernaan makanan.

Kesimpulan

Saliva itu penting namun terkadang tidak dianggap genting. Mungkin karena perannya di dalam tubuh bersifat otomatis (dikendalikan oleh alam bawah sadar manusia). Akan tetapi, pada momen tertentu kita bisa merangsang produksinya secara manual (dikendalikan oleh sistem sadar). Menyapukan liur sendiri di seluruh dinding rongga mulut dan permukaan gigi juga bisa menelannya agar manfaatnya makin nyata bagi kesehatan. Masalah yang sering muncul adalah kurangnya produksi sehingga menyebabkan kemunculan beberapa gejala penyakit seperti sariawan, bau mulut, sakit gigi dan lain-lain. Seperti yang sudah-sudah, cara terbaik untuk mempertahankan produksi saliva tetap lancar normal dengan rutin mengonsumsi air putih, sedikit-sedikit tetapi lebih sering (tekun). Kebutuhan air untuk orang dewasa berada pada kisaran dua liter atau setara dengan 8-10 gelas (ukuran sedang@200 mL) per hari.

Salam, Cairan komponen yang sangat penting
karena jumlahnya dibutuhkan lebih banyak.
Minum air sedikit-sedikit tapi lebih sering
agar produksi air liur tetap elok
!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.