Menata Ulang Ilmu Pengetahuan

Alam Semesta Adalah Dinamo Sempurna – Hubungan Antar Planet Seperti Dinamo

Bumi adalah dinamo sempurna karena terus berputar tanpa henti hingga waktu yang tidak dapat ditentukan oleh siapa pun.

Kebersamaan yang menyempurnakan alam

Manusia sebagai komponen yang paling lemah di bumi adalah yang terkuat lewat kemampuan otaknya. Tetapi bumi itu sendiri sebagai komponen terbesar dan terkuat, hanya menjadi pijakan lemah yang tak mampu berbuat apa-apa melawan para penindasnya. Mengapa hidup ini selalu saja terbalik-balik? Tidak ada yang benar-benar super power (luar biasa kuat). Melainkan yang terjadi hanyalah satu segmen kehidupan unggul dalam satu hal tetapi lemah dalam hal-hal lainnya. Dari sinilah kami memahami bahwa tidak ada satu bagian pun yang benar-benar sempurna di seluruh semesta. Akan tetapi, alam semesta secara keseluruhan (totalitas) adalah sempurna adanya. Saat kita sendiri, banyak kekurangan ditemukan namun saat bersama-sama, kita lengkap dan mampu melakukan hal-hal baik pula benar selama hidup.

Apa yang dicitrakan lewat indra tidak seperti kelihatannya

Kita memandang ke luar melihat matahari begitu kecil namun kenyataannya memiliki ukuran yang lebih besar lipat kali ganda bahkan tidak ada bandingannya dengan ukuran bumi itu sendiri. Melihat ke luar di malam hari betapa kecilnya bulan itu namun ternyata sesungguhnya ukuran bulan sama alias setara dengan bumi tempat kita berpijak. Dari sini bisa kita tarik sebuah makna kehidupan, yakni “kita menyepelekan banyak hal-hal kecil di sekitar karena memandangnya terlalu jauh tinggi hati. Sekiranya kita bisa melihat lebih dekat dengan rendah hati niscaya akan memahami betapa luar biasanya itu dan betapa miripnya berbagai hal di luasnya jagad yang kita diami. Sebab segala sesuatu yang dapat kita amati tidak selalu seperti kelihatannya.

Apa yang kecil menggambarkan yang besar

Panca indra mencitrakan banyak hal berbeda-beda, itu hanyalah persepsi umum yang dangkal. Sesungguhnya, bila ditelaah lebih dalam lagi maka bisa disimpulkan secara kemaknaan bahwa “segala sesuatu adalah satu dimana masing-masing memiliki komponen yang mirip-mirip.” Pada hakekatnya, semua yang ada berasal dari benih yang sama, berdiferensiasi setelah beroleh nafas Allah. Seberbeda apa pun komponen di selurh jagad raya, tetap saja ada kemiripan antara satu dengan yang lainnya. Ada banyak hal kecil yang bisa diamati di sekitar yang sesungguhnya menjelaskan sesuatu yang tak teramati karena sangat besar. Ketika kita mampu memahami yang kecil-kecil ini, maka akan dimampukan untuk mengertikan bagian terbesarnya. Artinya, apa yang kecil dan apa yang besar memiliki pola yang sama. 

Ada orang yang lebih genius dari kita

Ketika kami menyadari bahwa rotasi hubungan antar planet tidak ubahnya seperti gerakan dinamo, lantas hati kecil kami bertanya: penemu dinamokan orang luar negeri berarti orang asing di luar sana telah lebih dahulu menyadari kenyataan tersebut sehingga dibuatlah miniaturnya yang sangat bermanfaat bagi kehidupan. Di sisi lain ada pula suara hati kami yang menyatakan bahwa demikianlah manusia menemukan komponen jagad raya secara tidak disengaja lewat berbagai penemuan dimana baru setelah itu dipahami korelasi di antara keduanya. Oleh karena itu, kita tidak perlu berbangga hati sebab benarlah hikmat raja Salomo yang mengatakan bahwa tidak ada yang baru di bawah matahari, apa yang kita temukan akan kembali ditemukan orang lain dengan caranya sendiri-sendiri. Oleh karena itu, sekali lagi kami ingatkan, kita tidak perlu menyombongkan apa pun di dunia ini sebab semuanya itu fana.

Alam Semesta Adalah Dinamo Sempurna – Hubungan Antar Planet Seperti Dinamo

Kemagnetan bumi

Tanah tempat kita berpijak adalah sebuah bongkahan magnet besar dengan daya kuat yang menjadi faktor penggerak sekaligus pelindung. Bukti nyata bahwa ada kekuatan besar di dalam asrama besar ini yaitu saat menggunakan kompas yang mana jarumnya selalu mengarah ke utara. Jarum-jarum kompas saat digunakan di mana pun di atas muka Bumi selalu melakukan polarisasi ke arah utara. Ini disebabkan Bumi dikelilingi medan magnetik raksasa. Dapat dijelaskan bahwa kemagnetan tersebut membentuk garis-garis gaya yang melakukan pengutuban (polarisasi) pada kedua ujungnya, baik kutub utara maupun kutub selatan.

Asalnya dan jenis medan magnetik itu sendiri

Magnet batang bisa diperoleh dari bahan galian di dalam bumi. Jika serpihan kecilnya saja diperoleh dari sana berarti bisa kita bayangkan bahwa sesungguhnya bumi ini adalah salah satu magnet batang raksasa di alam semesta. Menurut hipotesis dinamo Elsasser – Dott dan Batten (1976). Menyatakan bahwa medan magnetik Bumi berasal dari efek elektromagnetik di dalam inti luar Bumi yang bergerak seperti fluida. Sirkulasi material penyusun inti luar ini (leburan nikel dan besi) terjadi secara konveksi dan membangkitkan arus/medan listrik (medan magnetik internal). Arus/medan listrik ini, sesuai dengan prinsip elektromagnetik, kemudian membangkitkan medan magnetik yang bermanfaat bagaikan penggerak sekaligus sabuk pelindung kehidupan di atasnya.

Selain membangkitkan medan magnetnya sendiri (medan magnetik internal), yang terjadi akibat efek dinamika fluida inti luar Bumi secara elektromagnetik membuatnya dikelilingi oleh medan magnetik eksternal yang terbentuk oleh proses-proses di luar Bumi (Ravat, 2000). Medan magnetik eksternal terbentuk oleh proses-proses fisika rumit yang terjadi di sekitar Bumi, melibatkan interaksi antara angin Matahari (arus deras zarah bermuatan dari Matahari melaju dengan kecepatan 400 km/detik), radiasi Matahari, medan magnetik Bumi internal dan atmosfer Bumi. Interaksi ini telah menutup dan menekan medan magnetik internal pada sisi dari mana angin Matahari berasal dan menyeretnya pada arah menjauhi Matahari membentuk magnetosfer (lapisan magnetik) yang unik. Zarah bermuatan yang menyembur dari Matahari tertangkap oleh magnetosfer Bumi membentuk suatu kawasan bernama sabuk radiasi van Allen.

Medan magnetik yang melindungi

Kemagnetan bumi secara aktif berperan untuk melindungi komponen dipermukaannya (makhluk hidup) dari berbagai partikel kosmik yang berlebihan dari matahari. Tentu saja, perang ini turut pula dipengaruhi oleh atmosfer yang terbentuk oleh aktivitas tanaman. Semakin banyak tumbuhan di sekitar kita maka semakin kuat sabuk elektromagnetik bumi. Sebab aktivitas fotosintesisi memperkaya elektron di dalam atmosfer yang sekaligus berperan penting untuk menghalau energi foton yang berlebihan. Gabungan antara kemagnetan bumi dan elektron dalam atmosfer disebut sebagai medan elektromagntik bumi. Justru atmosfer inilah yang menentukan kuat lemahnya medan elektromagnetik bumi. Artinya wilayah hijau yang asri memiliki medan elektromagnetik yang lebih kuat dari pada wilayah perkotaan yang dipenuhi pabrik dan gedung pencakar langit.

Medan magnetik yang menggerakkan

Mekanisme kerja dinamo seperti alam semesta II
Ilustrasi rotasi pada dinamo. Kumparannya berputar setelah dialiri listrik. Bumi juga berputar karena atmosfernya kaya dengan muatan listrik.

Sama halnya seperti dinamo (perhatikan gambar di atas) yang selalu terdiri dari dua komponen besar, yaitu bagian yang kaya magnet dan kumparan yang memiliki arus listrik. Biasanya, magnet pada dinamo terletak pada sisi yang berbeda, sisi kanan kutub selatan dan sisi kiri kutub utara. Sedang bagian tengahnya terdiri dari kawat tembaga berpilin yang bisa dialiri oleh listrik. Interaksi antara kedua komponen inilah yang membuat suatu dinamo bisa menghasilkan putaran atau rotasi. Demikianlah juga dngan bumi ini dimana bagian yang kaya magnet terletak di dalamnya. Sedangkan bagian yang kaya listrik terletak di atmosfer. Sedang bumi itu sendiri dikelilingi oleh berbagai batang magnet raksasa lainnya yang di sebut planet.

Hubungan AntarPlanet Dan Medan Magnetik Yang Saling Tarik-Menarik Dan Tolak-Menolak

Dalam teori alam semesta sempurna dimana hanya terdapat satu matahari sedangkan planet-planet mengelilinginya (planet = bumi = bulan = bintang). Pergerakan planet bukan sekedar berotasi biasa mengelilingi matahari melainkan masing-masing berputar melingkar sambil berevolusi mengelilingi matahari. Putaran yang melingkar ini disebabkan oleh karena pengaruh kemagnetan antar planet. Ada semacam gaya tarik-menarik dan tolak-menolak sebagai interaksi antara bumi dan planet di sekelilingnya. Pertemuan kutub antar planet selalu sama satu dengan yang lain, kutub utara di bumi kita bisa jadi sama di planet lain yang sejajar. Arah kutub yang selalu sama tersebut timbul sebagai usaha agar tidak terjadi tabrakan di antara satu dengan yang lainnya sehingga ada jarak di antar mereka yang saling jauh-jauhan. Sekali pun demikian ada pula momen dimana jaraknya berdekatan. Itulah mengapa, kita kadang melihat bulan itu berukuran kecil dan kadang pula berukuran besar.

Gerakan Planet Melingkar Sambil Berotasi Dan Berevolusi Mengelilingi Matahari

Kesimpulan

Pengertian – Rotasi planet adalah perpaduan antara medan magnetik planet itu sendiri dan atmosfer kaya listrik yang kemudian berinteraksi dengan medan magnetik planet lain di sekitarnya sehingga terjadilah perputaran yang melingkar dan stabil dari waktu ke waktu. Jadi, bisa dikatakan bahwa bumi adalah dinamo sempurna karena terus berputar tanpa henti hingga waktu yang tidak dapat ditentukan oleh siapa pun.

Defenisi

Bumi adalah magnet batang raksasa sedangkan atmosfer adalah kumparan yang kaya dengan kandungan listrik. Perpaduan antara kemagnetan bumi dan kekuatan atmosfer disebut sebagai medan elektromagnetik. Keduanya berperan penting dalam hal melindungi sekaligus menggerakkan bumi secara konsisten dari waktu ke waktu. Perlindungannya ditunjukkan oleh kemampuan menjadi barier bagi energi foton yang berlebihan sehingga intensits sinar matahari yang sampai di permukaan tidak sampai merusak ekosistem yang ada. Sedang pergerakannya ditunjukkan oleh kemampuan berotasi dalam kecepatan tinggi tanpa batas dari waktu ke waktu. Sekali pun zarah kosmik sangat tinggi dan dunia ini bergerak cepat tetapi keadaan di atas permukaannya tetap tenang dan teduh karena pelindung elektromagnetik bekerja dengan baik. Sedang planet lain di sekitar memiliki medan elektromagnetik yang berbeda kutubnya sehingga bumi berotasi melingkar sambil mengeliingi matahari.

Salam, Ada yang berputar di sekitar kita,
Itu adalah miniatur perputaran dunia,
Medan elektromagnetik yang memungkinkannya
!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.