Menata Ulang Ilmu Pengetahuan

+10 Efek CGI Jangan Sampai Menyesatkan Anda – Film, Sinetron & Media Lainnya Hanya Menyegarkan Indra Jangan Dimasukkan Dalam Hati

Inda bisa saja terpana oleh indahnya film, senetron dan konten media masa lainnya. Tetapi, jangan biarkan hati terbuai terus-menerus membahas-bahasnya, itu berpotensi mengganggu pikiran anda.

Maju mundurnya kehidupan tergantung pada otak

Kecerdasan adalah bagian diri manusia yang lebih baik dari makhluk hidup lainnya di seluruh bumi. Itu saja sudah cukup untuk menghancurkan dunia ini atau malah membangunnya untuk kebaikan bersama dari generasi ke generasi. Sudah terbukti dari zaman-zaman sebelum kita, bagaimana kisahnya ketika orang-orang cerdik mengumpulkan pengikutnya semata-mata agar dapat dimanfaatkan untuk kepentingan pribadi, keluarga dan kelompok tertentu saja. Selanjutnya, persaingan demi persaingan semakin tajam sehingga mulailah terjadi pertengkaran kecil di antara mereka. Pada suatu masa, keadaan ini tidak bisa lagi dibendung dengan seksama sehingga bertransformasi menjadi peperangan, skala kecil sampai besar.

Apa pun tentang kepintaran selalu bagaikan dua sisi mata uang, ada positif dan ada negatifnya. Semuanya itu tergantung tangan-tangan yang memanfaatkannya. Jika dimanfaatkan untuk melakukan kebaikan walau awalnya terasa buruk maka positiflah ilmu pengetahuan tersebut. Akan tetapi, saat diarahkan untuk melakukan keburukan walau awalnya terkesan baik maka berdampak negatiflah kecerdasan tersebut. Bukankah ini tergantung dari masing-masing orang, pribadi lepas pribadi? Sedang kita tahu bahwa secara umum terdapat dua macam kepintaran, yaitu kepintaran saat mengekspresikan berbagai hal dan kepintaran dalam menyimak informasi yang diperoleh secara sengaja maupun tidak disengaja.

Piawai  mengelola informasi

Kegeniusan seseorang dalam menyimak informasi adalah sebuah potensi yang tidak bisa dibeli secara gratis maupun dengan cara membayarnya. Sebab kekuatan pikiran untuk menyaring segala informasi yang diterima haruslah dilatih sejak dini. Bahkan bisa dikatakan bahwa kelihaian menyaring setiap informasi yang tersedia diperoleh setelah menikmati konten/ berita hoax/ berita bohong. Pengalaman terpapar dan terjebak berkali-kali merupakan awal yang baik agar kita benar-benar mampu membedakan, dimanakah yang asli dan dimanakah yang palsu.  Pula dimanakah yang benar dan yang tidak benar, selidikilah  semuanya itu dengan seksama, abaikan informasi yang kurang tepat dan silahkan mengumpulkan apa-apa saja yang layak untuk dikoleksi.

Biasanya, kecerdasan jenis ini berhubungan erat dengan kemampuan seseorang untuk mengikuti proses belajar-mengajar di sekolah. Orang yang pintar di sekolah sudah sepatutnya lihai juga dalam hal memilah-milah informasi yang diperoleh dari sekitarnya. Baik yang berasal dari buku, televisi, radio, koran, majalah, media sosial dan media elektronik lainnya. Tentu saja, kekuatan semacam ini tidak dibina dalam satu dua hari saja melainkan proses pembelajaran itu terkadang menghabiskan waktu selama bertahun-tahun. Mereka yang tekun belajar memiliki dasar-dasar pengetahuan tentang kehidupan. Dasar-dasar inilah yang menjadi perbandingan untuk menilai apakah suatu informasi itu sudah baik atau belum.

Lihai mengekspresikan diri sendiri

Pintar mengekspresikan sikap yang baik dan benar bukanlah perkara sederhana. Sebab secara bawaan, manusia lebih condong hidupnya kepada kedagingan. Tanpa latihan pengendalian diri yang mantap maka sifat-sifat daging itulah yang lebih banyak meluap dari dalam hati manusia. Akan tetapi, mereka yang mampu mengendalikan dirinya akan menekan perbuatan daging dengan senantiasa memfokuskan pikiran kepada hal-hal positif. Dari antara banyak hal yang positif yang bisa kita lakukan, utamakanlah untuk fokus kepada Tuhan (dalam doa, firman dan nyanyian pujian), belajar sesuai minat dan bekerja sesuai potensi. Kesemua aktivitas ini murni mencerdaskan otak yang mana sifat-sifat jahat manusia (kedagingan) bisa ditenggelamkan. Walau bisa muncul ke luar, itu hanyalah sesekali sebagai godaan untuk memperkuat iman.

Seperti kepintaran dalam mencerna informasi, mereka yang pintar dalam bersikap juga selalu butuh latihan. Bahkan bisa dikatakan bahwa seumur hidup adalah latihan bersikap agar lebih dekat dengan kebenaran. Kita tahu bahwa kebenaran sejati itu hanya milik Tuhan semata dimana ke sanalah kita berusaha menujukan hidup. Memang manusia tidak pernah lepas dari salah dan khilaf karena kita tidak sempurna. Tapi bukan berarti kita terus-menerus melumpur pada kesalahan yang sama. Biar bagaimana pun, kita perlu kemajuan dalam meminimalisir dosa dari waktu ke waktu. Ingat, kemajuan bukan kesempurnaan, sebab yang sempurna dalam segala sesuatu adalah Sang Pencipta belaka.

Pengertian

Computer-Generated Imagery (CGI; bahasa Indonesia: “pencitraan yang dihasilkan komputer”) adalah penggunaan grafik komputer (atau lebih tepatnya, grafik komputer 3D) dalam efek spesial. CGI digunakan dalam film, acara televisi dan iklan, dan juga media cetak (Wikipedia.Org). Video game umumnya menggunakan grafik komputer waktu-nyata (jarang disebut sebagai CGI), namun juga sering menggunakan “adegan tengah” (cutscene) yang telah dirender dan film-film pembuka yang mirip dengan penggunaan CGI. Ini dinamakan Full Motion Video (FMV).

CGI adalah penggunaan grafik komputer 3D yang memberikan efek istimewa sehingga lebih mempesona bagi para penikmatnya.

Defenisi
Efek CGI Jangan Sampai Menyesatkan Anda – Film, Sinetron Dan Media Lainnya Hanya Menyegarkan Indra Jangan Dimasukkan Dalam Hati

Macam contoh rekayasa CGI jangan sampai menyakiti anda

Pernahkah anda ke “tukang foto siap di tempat?” Saat pemotretan selesai, pasti tukang fotonya tidak langsung mencetak hasil jepretannya. Melainkan akan mengeditnya terlebih dahulu menggunakan program tertentu, baru setelah itu mencetaknya. Hasil foto yang sudah diedit tersebut merupakan contoh kecil dari efek CGI yang prosesnya jauh lebih kompleks dengan hasil yang lebih maksimal. Banyak manipulasi yang bisa dibuat lewat teknologi komputer, itu semua bertujuan baik tergantung dari sudut pandang yang kita gunakan. Berikut akan kami tampilkan beberapa contoh dan jenis-jenis dari efek CGI agar jangan sampai menyesatkan kita.

Contoh CGI Pada Captain Amerika
Kebanyakan adegan film dilakukan di studio besar yang dipenuhi Green Screen untuk memudahkan proses pengeditan

1. Manusia super cantik/ tampan.

Tidak perlu melihat film atau sinetron tertentu untuk menyaksikan hal semacam ini. Aplikasi smartphone pun dapat membuat setiap jepretan foto yang kita ambil lebih mulus seperti adek bayi. Sesungguhnya tidak ada orang yang benar-benar tampan/ cantik sebab saat ditinjau dari sudut pandang tertentu, tiap-tiap orang pasti ada jeleknya.

2. Adegan mesra dan ciuman.

Jika anda melihat ada artis cantik yang bermain drama sangat dekat (mesra) dengan artis tampan, bisa jadi itu hanyalah CGI belaka. Anda masih tidak perlu cemburu melainkan percaya saja, bukan pada apa yang dilihat sebab permainan gambar video bisa menipu. Tetapi percayalah bahwa ada kebenaran yang mengikat keduanya dalam permainan sandiwara telenovela. Termasuk adegan ciuman juga bisa diakali agar kelihatan asli padahal cuma ecek-ecek (dua video yang disatukan).

Contoh CGI Pada Film Avatar
Efek CGI mengubah manuusia biasa tampak seperti Avatar.

3. Manipulasi luar angkasa (alam semesta multi galaksi).

Kalau seniman tidak mengambil topik tentang multi galaksi maka tidak ada sesuatu yang bisa diceritakan. Sebab dalam alam semesta yang sempurna (hanya satu matahari), manusia tidak bisa keluar dari bumi itu sendiri. Akan tetapi, dalam pemahaman multi galaksi, ada ruang yang memungkinkan untuk melakukan perjalanan antariksa. Jadi, jangan tanya mengapa semesta yang bergugus-gugus dan berwarna warni yang selalu difilmkan, mengapa bukan yang aslinya? Semata-mata agar ceritanya lebih panjang dan lebih seru.

4. Manipulasi ke bulan, mars dan planet lainnya.

Ada yang mengatakan bahwa kunjungan ke bulan adalah efek CGI  luar angkasa yang terbaik. Tidak hanya menipu orang rakyat Amerika sendiri melainkan turut pula menipu masyarakat luar negeri termasuk Indonesia. Sesungguhnya adegan ini tidak pernah terjadi. Lagipula bulan atau planet mars yang digembar-gemborkan itu tidak benar-benar kosong. Melainkan keduanya sama/ setara seperti bumi yang dihuni oleh manusia berbeda. Perbedaan lainnya mungkin terletak pada susunan pulau yang tidak selalu sama dengan kepulauan di bumi.

Contoh CGI Pada Film The Hobbit
Contoh CGI mengubah seseorang tampak lebih aneh dalam film The Hobbit

5. Manipulasi warna bumi (bumi warna biru dilihat dari luar angkasa).

Memang benar bahwa bumi tanpa atmosfer, akan terlihat biru dan hijaunya. Akan tetapi, untuk gambaran senyatanya dari luar angkasa maka keberadaan bumi tidak bisa dilepaskan dari peran atmosfernya yang diisi sebagian besar oleh molekul air. Sehingga saat dilihat dari luar tampak putih keabu-abuan atau kuning keabu-abuan atau agak kemerahan (warna tergantung tingkat polusi di atas bumk)

6. Manipulasi kemewahan (film keluarga dan telenovela).

Kemewahan menjadi salah satu daya tarik indra untuk dilihat. Lagi pula, ada banyak masalah kepribadian yang bisa disebabkan oleh kemewahan yang berlebihan. Karena beberapa alasan inilah mengapa sebuah film atau sinetron identik dengan hal-hal yang terlihat dan terdengar istimewa. Sehingga ada banyak masalah yang bisa diumbar di dalamnya. Padahal belum tentu artis yang memerankannya suka bermewah-mewahan.

Adegan di fim The Matrix, saat pertarungan slow motion. Ternyata aslinya menggunakan tali dan berlatar belakang green screen
Adegan di fim The Matrix. Ternyata aslinya menggunakan tali dan berlatar belakang green screen

7. Manipulasi kekuatan (film tentang super hero).

Film tentang pahlawan super hanyalah efek CGI semata, namun kisahnya masih sangat menarik untuk disimak. Ini karena daya tarik indra yang ditunjukkannya. Bukankah masih ada nilai-nilai lainnya yang masuk di akal? Mereka hanya melebih-lebihkan beberapa titik kekuatan sehingga menjadi lebih bombastis. Cerita super hero membangun kisahnya dengan mengangkat beberapa mitos di dalam masyarakat atau melebih-lebihkan sesuatu agar terlihat hebat untuk diceritakan.

Contoh CGI Pada Film Jurassics World
Manipulasi CGI mengubah manusia menjadi salah satu dinosaurus di film Jurrasic World

8. Manipulasi kunjungan ke wilayah lain.

Seorang aktor/ aktris bisa saja dikatakan berkeliling dunia ke berbagai negara untuk melakukan rekaman. Akan tetapi, itu bisa saja belum pernah terjadi. Editor hanya menggabungkan panorama di suatu wilayah/ negara lain sedang syutingnya sendiri diambil di dalam ruangan khusus yang jauh dari tempat-tempat dimaksud. Lagipula siapa kru film yang mau membawa-bawa peralatan syuting yang beragam, kompleks dan begitu banyak? Lebih baik menggabung beberapa video menjadi satu sehingga jadilah keliling dunia.

Adegan di film Sweeney Todd - The Demon Barber of Fleet Street yang ternyata gedungnya merupakan efek dari CGI
Adegan di film Sweeney Todd – The Demon Barber of Fleet Street yang ternyata gedungnya merupakan efek dari CGI

9. Manipulasi hewan berbicara.

Sekedar memperbanyak cerita maka hewan-hewan pun dibuat bisa berbicara. Sesungguhnya itu adalah manusia tetapi sebenarnya aktor/ aktris yang memerankan adegan tersebut telah dipasangkan penanda tertentu (sensor gerak) sehingga mata yang melihatnya sungguh terpesona dan bila perlu sekaligus terhibur di waktu senggangnya.

Efek bencana alam dalam film San Andreas ternyata hanya miniatur dan hasil penggabungan dari beberapa video

10. Manipulasi bencana alam.

Flm tentang bencana alam biasanya lebih banyak memakan miniatur untuk dihancurkan. Sedang bencana tersebut hanyalah dalam skala kecil yang dibesar-besarkan hasil rekayasa buatan manusia. Film semacam ini memberi arti bahwa kepintaran, kekayaan dan kekuasaan yang berlebih-lebihan menjadi alat keserakahan manusia yang memicu bencana alam dan bencana kemanusiaan.

11. Manipulasi kecelakaan.

Apa yang tidak bisa dikibuli lewat kamera? Sebab kamera video tersebut berada di bawah kendali orang-orang cerdas sehingga bisa diarahkan untuk membuat suatu kepura-puraan seolah-olah nyata terjadi. Jangan dimasukkan di hati karena tidak asli tetapi ambil maknanya untuk dijadikan pelajaran hidup. Sandiwara soal kecelakaan akan lebih nyata ketika disertai oleh foto dan video yang telah diberikan sentuhan CGI.

Efek CGI dalam film Game Of Thrones mengubah benda yang telah diberi sensor tertentu menjadi naga

12. Manipulasi perkelahian.

Perkelahian yang anda lihat dilayar kaca berlangsung di dalam studio rekaman dengan dibantu oleh tali dan peralatan unik lainnya. Pukulan yang keras hanyalah sentuhan yang dipercepat dan luka yang terbentuk hanyalah hasil dari riasan make up. Akan tetapi dengan teknologi CGI, main-main di depan kamera bisa jadi kelihatan lebih seru setelah diproses.

Contoh CGI Pada Film Pirates
Contoh CGI mengubah manusia menjadi manusia tentakel dalam film Pirates Of Caribbean

13. Manipulasi hantu, setan, monster, raksasa dan lain-lain.

Apakah ada monster atau hantu di sekitar kita, siapa yang peduli. Cerita tentang hal-hal mistis semacam ini hanyalah penggoda indra belaka. Sesungguhnya semuanya itu terjadi dalam suatu ruangan yang telah diatur dengan efek khusus sehingga kamera menangkap objek tertentu dalam rupa yang berbeda lain dari yang lain.

14. Efek alien datang ke bumi

Rupa alien hanyalah diperbantukan untuk menambah serunya cerita.  Seolah ada hal-hal baru yang terjadi di luar sana sehingga menarik untuk disimak baik-baik. Sebenarnya, alien tersebut diperankan oleh manusia yang telah ditandai dengan teknik khusus sehingga mudah direkayasa sekehendak hati.

15. Mobil hancur.

Ada banyak kendaraan lalu lintas yang bisa saja hancur karena aktivitas para aktor/ aktris yang sedang berlaga. Jika saja itu nyata, pasti film tersebut sudah mengalami kerugian sebelum rilis. Akan tetapi karena hal tersebut hanyalah miniatur belaka, niscaya budget yang dikeluarkan lebih ringan.

16. Pesawat jatuh.

Pesawat terbang bukanlah sepeda motor yang harganya terjangkau dan keamanannya minim. Kita berbicara tentang mesin yang bernilai miliaran rupiah akan tetapi mengapa bisa jatuh dan terbakar? Kalau bukan karena rekayasa maka semuanya itu tidak akan terjadi. Pesawat yang dihancurkan hanyalah lempengan miniatur belaka demi menghemat pengeluaran.

17. Rumah runtuh.

Rumah yang roboh atau lenyap dalam sekejap mata bisa jadi hanya permainan kamera yang menggabung beberapa video jadi satu. Bisa juga, gedung yang ambruk tersebut hanyalah miniatur dari gabus/ busa tertentu yang sebenarnya bisa dibeli seharga kantong.

18. Manusia berbadan besar.

Apakah anda pernah melihat beberapa aksi tarung di atas ring yang dikuasai oleh orang-orang berotot besar? Sesungguhnya, tinggi dan besar badan semacam itu hanyalah permainan kamera (CGI) yang mengubah aktor yang telah memakai kostum yang diberi penanda (sensor) tertentu. Mencapai otot sebesar atlet di WWE Smackdown sangatlah krusial di dunia nyata. Tetapi di dalam dunia editan, hampir segalanya bisa dimungkinkan (namanya juga sandiwara).

+19. Dan lain sebagainya, silahkan cari sendiri.

Karya seni hanyalah pelengkap hidup yang diciptakan khusus untuk memperkaya gemerlapnya indra. Itulah salah satu cara untuk merefresh (menyegarkan) mata dan telinga yang selama ini hanya menikmati hal-hal yang monoton. Akan tetapi, saat kita menonton film atau sinetron, indra mencitrakan sesuatu yang berada di atas rata-rata dari biasanya sehingga timbullah sensasi rasa senang. Selalu sadari bahwa semuanya hanyalah fantasi yang tidak akan kita temui di dunia nyata. Tidak perlu memikirkannya terlalu dalam sebab justru keadaan tersebut beresiko menyusahkan hati, cepat atau lambat.

Kata-Kata Bijak

Kesimpulan

Efek CGI hanyalah permainan gambar dan video yang telah direkayasa untuk meningkatkan pesona indra. Media berita, sinetron, film dan berbagai konten lainnya di dalam layar kaca bisa saja dimanipulasi. Sebab kaca bergerak itu adalah penemuan manusia yang bisa direkayasa oleh penemunya atau orang-orang yang mengetahui cara kerjanya. Cukuplah indra yang terpana dengan film, sinetron atau pemberitaan di berbagai media. Tetapi, jangan dimasukkan di dalam hati! Sebab saat konten palsu tersebut terus saja diingat-ingat akan timbullah kekuatiran, ketakutan, kegelisahan, kegemasan, kedengkian, kesombongan, kebencian, kegeraman dan lain sebagainya. Anda berhak mengisi indra dengan menonton berbagai acara televisi tetapi isilah hati dengan fokus kepada Tuhan, bekerja dan belajar serta lakukanlah kebaikan kepada sesama disela-sela aktivitas tersebut.

Youtube.com; Kaskus.co.id; & hasil edit sendiri.

Sumber gambar

Salam, Rekayasa manusia cocoknya di indra saja,
Tetapi tidak baik bila dibahas tanpa makna,
Aktivitas positif cocoknya di hati dan indra juga
!

Mohon Kritik & Saran, ini hanya perumpamaan tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.